Pandangan dan perilaku masyarakat Islam terhadap keberadaan Punden di desa Blimbing kecamatan Kesamben kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Lailatul (2016) Pandangan dan perilaku masyarakat Islam terhadap keberadaan Punden di desa Blimbing kecamatan Kesamben kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana keberadaan punden di Desa Blimbing Kesamben Jombang?, 2) Bagaimana pandangan masyarakat Islam terhadap keberadaan punden di Desa Blimbing Kesamben Jombang?, 3) Bagaimana perilaku masyarakat Islam terhadap keberadaan punden di Desa Blimbing Kesamben Jombang?. Dalam penelitian ini penulis mempunyai tujuan adalah1) untuk mengetahui keberadaan punden di Desa Blimbing Kesamben Jombang, 2) untuk mengetahui pandangan masyarakat Islam terhadap keberadaan punden di Desa Blimbing Kesamben Jombang, 3) untuk mengetahui perilaku masyarakat Islam terhadap keberadaan punden di Desa Blimbing Kesamben Jombang. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak yang salah pengertian atau salah persepsi, tentang punden di Desa Blimbing. Oleh karena itu penulis membahas tentang pandangan dan perilaku masyarakat Islam terhadap keberadaan punden, agar tidak menyimpang dari syari’at Islam.
Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif yaitu semua data yang terkumpul baik primer maupun sekunder diklasifikasi dan dianalisis sesuai dengan sub bahasan masing-masing. Selanjutnya dilakukan penelitian dengan melihat fenomena sosial yang dihubungkan dengan pendekatan teori Mircea Eliade.Hasil penelitian saya pandangan dan perilaku masyarakat Islam terhadap keberadaan punden, menurut Mircea Eliade yaitu bahan yang aslinya biasa-biasa saja menjadi suci (Saklar) adalah di Desa Blimbing ada sebuah pohon beringin besar ketika orang lain melihat hanya pohon beringin, tetapi masyarakat Blimbing sangatlah istimewa atau sangat dihormati karena dari nenek moyang terdahulu yang sudah membersihkan Desa Blimbing sampai menjadi keramat. Ternyata ada dampaknya perilaku kepada masyarakat secara psikologis, dengan cara perilaku masyarakat berbondong-bondong datang untuk berziarah supaya mendapatkan apa yang diinginkan. Sedangkan secara sosial masyarakat banyak ada konflik dengan keberadaan punden tetapi tidak semuanya masyarakat, misal ketika ada acara dipunden orang tidak setuju mengatakan hal seperti itu musyrik. Secara ekonomi masyarakat Blimbing bisa menambah keuangan yang rendah dengan adanya punden banyak pengunjungnya dan disana banyak orang jualan bisa membuat menambah ekonomi masyarakat. Dari sini yang berhubungan dengan jurusan saya adalah tentang keimanan dan keyakinan kita kepada Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Lailatullailatullatifah01@gmail.comE02212005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Kebudayaan Jawa
Uncontrolled Keywords: Perilaku; masyarakat; punden; adat; jombang
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Latifah Lailatul
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:36
Last Modified: 26 Nov 2019 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10751

Actions (login required)

View Item View Item