IDENTITAS BUDAYA SEBAGAI KOMODITAS IKLAN: ANALISIS SEMIOTIK MODEL ROLAND BARTHES PADA IKLAN KUKU BIMA ENERGI VERSI KEPULAUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Diah (2013) IDENTITAS BUDAYA SEBAGAI KOMODITAS IKLAN: ANALISIS SEMIOTIK MODEL ROLAND BARTHES PADA IKLAN KUKU BIMA ENERGI VERSI KEPULAUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang dikaji adalah apa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen dalam pembuatan iklan yang mengangkat tema budaya masyarakat Indonesia. Untuk mengungkapkan hal tersebut, peneliti menggunakan pendekatan analisis semiotik, yaitu teori yang berasal dari teori kebahasaan yang dispesifikasikan pada semiotik model Roland Barthes, sehingga diperoleh makna konotasi.
Selain itu, untuk menyimpulkan apa sebenarnya tujuan yang diinginkan oleh produsen dalam memproduksi iklan ini juga akan dikorelasikan dengan Teori Ekonomi media yang menyatakan bahwa tujuan dari menggunakan suatu realitas yang ada di masyarakat adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa, Penanda dalam iklan ini adalah segala sesuatu yang mempunyai makna yang dapat berupa suara, dialog, tulisan, body language, property ataupun setting. Sedangkan petanda merupakan gambaran mental, pikiran, atau konsep. Adanya aktris yang merupakan selebriti terkenal dan masyarakat Papua dianalogikan bahwa tidak semua masyarakat Indonesia memiliki kehidupan yang sama serta adat dan budaya yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa dibalik kehidupan masyarakat Indonesia yang sebagian terlihat modern, masih banyak masyarakat Indonesia yang hidup di pedalaman dengan mempertahankan adat, budaya, dan kebiasaan yang mereka miliki secara turun temurun. Hal ini juga menunjukkan bahwa tidak meratanya pembangunan sarana dan prasarana di Indonesia.
Iklan ini berisi tentang besarnya potensi yang dimiliki papua dengan keindahan alamnya dan keunikan budaya masyarakatnya. Iklan ini hanya sebagai contoh betapa unik dan berpotensinya suatu budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Masih banyak budaya-budaya lain yang memiliki keunikannya sendiri-sendiri yang tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moch. Choirul Arif
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Keywords: iklan, Identitas Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2013
Last Modified: 04 Apr 2015 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item