PROSES KOMUNIKASI GURU DALAM MENDIDIK SISWA HIPERAKTIF DI SEKOLAH DASAR KREATIF MUHAMMADIYAH 16 SURABAYA

Kaisuku, Adinda Purnamasari (2013) PROSES KOMUNIKASI GURU DALAM MENDIDIK SISWA HIPERAKTIF DI SEKOLAH DASAR KREATIF MUHAMMADIYAH 16 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana Proses Komunikasi guru dalam mendidik siswa hiperaktif di Sekolah Dasar Kreatif Muhaammadiyah 16 Surabaya, (2) Bagaimana strategi komunikasi pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar dalam mendidik siswa hiperaktif di Sekolah Dasar Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk memperoleh data mengenai proses komunikasi guru dalam mendidik siswa hiperaktif di Sekolah Dasar Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dari Matthew A. Milles dan A. Michael Huberman, sehingga dapat menjawab fokus permasalahan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Proses komunikasi guru dalam mendidik siswa hiperaktif, yaitu pada umumnya siswa hiperaktif yang bersekolah di Sekolah Dasar Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya adalah siswa hiperaktif impulsive, yang tingkah lakunya aktif, bertindak tanpa pertimbangan, akan tetapi, yang mengherankan sering pada saat menerima materi, ia menampakkan tidak perhatian, tetapi ternyataia dapat mengikuti pelajaran,(2) Strategi komunikasi guru dalam mendidik siswa hiperaktif aplikasi pembelajaran yang diterapkan Sekolah Dasar Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya adalah edutaiment, yaitu pembelajaran melalui bermain untuk mengaspirasi emosi siswa melalui kegiatankegiatan yang kemudian diajak mengerjakan materi pelajaran pada saat itu. Mengenal obyek dan benda secara konkret dengan pembelajaran di luar kelas, memberikan ruang gerak yang cukup dan mendorong berkembangnya nalar dan kreativitas.
Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperlukan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan mutu pendidikan adalah (1) Secara ilmu pengetahuan, pendidikan yang baik merupakan pendidikan yang membuat peserta didiknya merasa nyaman dan senang, suka cita dalam menerima materi yang diajarkan, (2) Secara sosial, adanya pelatihan mengenai hal hal yang berkaitan dengan metode komunikasi pendidikan, yang dikembangkan dan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Hiperaktif; Proses Komunikasi
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2013
Last Modified: 20 Apr 2015 01:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10704

Actions (login required)

View Item View Item