Perilaku keagamaan remaja pengungsi Syiah di Rumah Susun Puspa Agro Jemundo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhlisin, Ahmad (2016) Perilaku keagamaan remaja pengungsi Syiah di Rumah Susun Puspa Agro Jemundo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dialami oleh para remaja pengungsi Syiah di rumah susun Puspa Agro Jemundo Sidoarjo yang menjadi korban konflik Sunni-Syiah yang terjadi di Sampang 4 tahun lalu. Remaja yang secara psikologis masih labil untuk menghadapi hal tersebut harus dihadapkan kepada opini-opini negatif masyarakat, lingkungan baru, bahkan fatwa sesat terhadap aliran yang dianutnya. Hal-hal semacam ini bisa saja memberikan pengaruh terhadap perilaku keagamaan remaja disana. Oleh karena itu, tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perilaku keagamaan remaja Pengungsi Syiah serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku keagamaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi agama. Dimana rumusan masalah akan dibahas dengan menggunakan teori fakulti dan teori keberagamaan milik Glock dan Stark. Sementara itu, data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian akan dianalisis serta diverifikasi untuk memperoleh kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perilaku keagamaan remaja pengungsi Syiah ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu mereka yang baik perilaku keagamanya dan mereka yang tidak. Indikator dari perilaku keagamaan ini nampak dari terintegrasinya fungsi-fungsi (cipta, rasa ,dan karsa) serta dimensi keagamaan yang mereka miliki. Remaja yang memiliki perilaku keagamaan baik umumnya mereka belajar ke lembaga-lembaga Syiah. Sementara remaja yang lain lebih memilih belajar di sekolah formal atau membantu orang tuanya bekerja. Faktor yang paling berpengaruh terhadap perilaku keagamaan para remaja adalah faktor pendidikan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhlisin, Ahmadamuhlisinz@gmail.comE52212033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Agama
Perilaku
Remaja
Keywords: Perilaku; Keagamaan; remaja; Syiah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Ahmad Muhlisin
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:29
Last Modified: 16 Dec 2019 06:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10688

Actions (login required)

View Item View Item