IMPLEMENTASI TERAPI RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR DALAM MENANGANI KASUS SISWA KLEPTOMANIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-JAZIEL PADEMAWU PAMEKASAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subaidi, Mohammad Anis (2013) IMPLEMENTASI TERAPI RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR DALAM MENANGANI KASUS SISWA KLEPTOMANIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-JAZIEL PADEMAWU PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Terapi Rasional Emotif Behavior adalah terapi yang menekankan pada pola pikir seseorang. Bahwa seseorang mempunyai masalah dikarenakan pola berpikirnya sendiri yang irrasional dan hal ini biasanya sering dialami seseorang. Ketika seseorang sedang mengalami banyak masalah mereka dapat menciptakan persoalan mereka sendiri dengan memberi tuntutan yang tidak realistis pada diri sendiri yang dapat menyebabkan gangguan-gangguan dalam dirinya. Di antaranya seperti yang terjadi pada diri siswa NW yang mengalami kebiasaan mencuri. Hal tersebut disebabkan oleh pola berfikirnya yang irrasional yang berpandangan bahwa mengambil hak orang lain adalah suatu hal yang wajar dan tidak merugikan orang lain. Dengan terapi rasional emotif diharapkan dapat menyadari akan perbuatan buruknya, dan dapat berpikir secara rasional sehingga dapat menampilkan perilaku yang rasional, sehingga NW dapat terhindar dari perilaku mencuri (kleptomania).
Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan penelitiannya adalah Guru Bimbingan Konseling, teman klien (siswa pengidap kleptomania) dan orang tua klien. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil dari proses pelaksanaan terapi rasional emotif behaviour dalam menangani kasus siswa kleptomania pada siswa di SMP Islam Al-Jaziel Pademawu Pamekasan dapat dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dari perubahan perilaku positif yang nampak pada diri siswa tersebut walaupun masih belum seratus persen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subaidi, Mohammad AnisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pluralisme
Keywords: Terapi Rasional Emotif Behavior; Kleptomania
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 06 Apr 2015 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item