IMPLEMENTASI PENANGANAN PERILAKU AGRESIF SISWA PANTI ASUHAN MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITUSSALAM SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imroni, Alfan (2013) IMPLEMENTASI PENANGANAN PERILAKU AGRESIF SISWA PANTI ASUHAN MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITUSSALAM SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Hal yang melatar belakangi penelitian atau tugas akhir ini adalah adanya kenakalan remaja seperti perilaku agresif, perilaku agresif merupakan perilaku yang sangat merugikan bagi orang lain khususnya sekolah, pada akhir-akhir ini sering terjadi perilaku-perilaku seperti pembunuhan, tawuran antar sekolah dan pelajar yang tidak jarang di timbulkan oleh perilaku agresif. Yang lebih mengkawatirkannya lagi yaitu kalau perilaku agresif ini tidak di tangani secara serius akan menjadikan anak atau siswa menjadi sangat brutal di kalangan masyarakat.
Melihat akan hal ini tugas dari guru Bimbingan konseling memberikan bantuan, agar perilaku yang cenderung tercela seperti agresif ini tidak mendarah daging pada anak atau siswa. Adapun bimbingan yang di berikan oleh guru bimbingan konseling berupa bimbingan kelompok, agar siswa dapat berinteraksi antar anggota kelompok dengan berbagai pengalaman, pengetahuan, gagasan atau ideide dan diharapkan dapat memberikan pemahaman siswa mengenai hubungan interpersonal. Melihat dari keuntungan bimbingan kelompok itu sendiri yakni meliputi: siswa yang bermasalah dapat mengenal dirinya melalui teman kelompok, berkembangnya sikap-sikap positif, menghilangkan beban moril seperti agresif dan penakut. Latar belakang yang demikian, menghasilkan judul Penanganan Perilaku Agresif Siswa Panti Melalui Bimbingan Kelompok Di Sekolah Menengah Pertama Baitussalam Surabaya.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Ada tiga pertanyaan besar yang peneliti cari pertama perilaku agresif siswa panti di SMP Baitussalam Surabaya, Kedua pelaksanaan bimbingan kelompok dalam menangani perilaku agresif siswa panti di SMP Baitussalam Surabaya, Ketiga hasil penanganan perilaku agresif siswa panti melalui bimbingan kelompok di SMP Baitussalam Surabaya. Metode pengumpulan data yang peneliti laksanakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis yang digunakan adalah deduktif dan induktif analisis.
Hasil penelitian kami menyebutkan bahwa SMP Baitussalam Surabaya memang terdapat tiga siswa panti yang berperilaku agresif dan penangannya melaluibimbingan kelompok yang menggunakan empat tahapan seperti:
pembentukan, peralihan, pembahasan dan pengakhiran. Dan metode yang digunakanoleh guru BK yakni dengan cara berdiskusi. Dalam hasil penelitian itu sendiri ketiga siswa tersebut terdapat perubahan atas berkurangnya perilakuperilaku agresif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imroni, AlfanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Uncontrolled Keywords: Perilaku Agresif; Bimbingan Kelompok; Hasil Penanganan Melalui Bimbingan Kelompok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 20 Apr 2015 02:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10608

Actions (login required)

View Item View Item