MANAJEMEN PENGEMBANGAN WIRAUSAHA SEKOLAH SEBAGAI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMP JATI AGUNG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syakdullah, Akh. (2013) MANAJEMEN PENGEMBANGAN WIRAUSAHA SEKOLAH SEBAGAI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMP JATI AGUNG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pengembangan wirausaha sekolah sebagai pembelajaran kewirausahaan, penelitian ini mencakup deskripsi tentang mengembangkan kewirausahaan sekolah sebagai pembelajaran juga sebagai sarana kemandirian sekolah agar tidak hanya ketergantungan terhadap bantuan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dekumentasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan kewirausahaan tidak lain sebagai pembelajaran agar lembaga tidak selama tergantung kepada pemerintah, Empat unsur yang membentuk pola dasar kewirausahaan yang hakiki 1. Mental 2. Kepemimpinan 3. Manajemen 4. Keterampilan diterapkan bahwa memulai sebuah usaha harus memiliki dasar-dasar tersebut
Hasil analisa yang telah diketahui bahwa Jiwa, sikap dan perilaku kewirausahaan memiliki lima ciri yakni: 1) penuh percaya diri, dengan indikator penuh keyakinan, optimis, disiplin, berkomitmen dan bertanggung jawab; 2) memiliki inisiatif, dengan indikator penuh energi, cekatan dalam bertindak dan aktif; 3) memiliki motif berprestasi dengan indikator berorientasi pada hasil dan berwawasan ke depan; 4) memiliki jiwa kepemimpinan dengan indikator berani tampil beda, dapat dipercaya dan tangguh dalam bertindak; dan 5) berani mengambil risiko dengan penuh perhitungan.
Dengan selalu bisa membaca peluang, semangat kewirausahaan dalam sikap dan perilaku kepala sekolah bersama warga sekolah. Dengan demikian, berkembang good practice kewirausahaan sekolah dan tata kelola sekolah yang baik (good school governance) bernuansa kewirausahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Samsul Ma’arif
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syakdullah, Akh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
?? Us ??
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pengembangan Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 06 Apr 2015 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item View Item