INTERNALISASI NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BUNGAH GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi’ah, Ainur (2013) INTERNALISASI NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BUNGAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran secermat mungkin mengenai internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bungah Gresik , kendala dalam proses pembelajaran serta upaya untuk mengatasi kendala pada proses pembelajaran. Data yang dikumpulkan melalui metode Observasi , wawancara, dan dokumentasi. Data berupa deskriptif mengenai internalisasi nilai-nilai demokrasi dan profil sekolah diperoleh dari studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data penelitian menunjukkan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran PAI dapat diwujudkan melalui tahap perencanaan yaitu guru menyisipkan nilai-nilai demokrasi pada nilai karakter, pelaksanaan pembelajaran yaitu guru menerapkan metode yang variatif diantaranya diskusi dan metode tanya jawab dengan memanfaatkan media yang telah adalah ada, dan evaluasi pembelajaran yaitu guru melaksanakan evaluasi pembelajaran secara komprehensif yang diantaranya mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru tidak hanya bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, namun siswa juga mengevaluasi gurunya. Kendala yang ditemui guru adalah guru mengalami kesulitan dan kurang teliti dalam menentukan nilai-nilai demokrasi yang sesuai dengan materi. Upaya yang dilakukan guru adalah dengan cara guru harus teliti dan kreatif dalam menentukan nilai-nilai demokrasi yang sesuai dengan materi PAI. Untuk meningkatkan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bungah Gresik semua elemen sekolah dan orang tua harus turut andil agar bisa mencetak generasi muslim yang demokratis, bersih, berakhlak serta berpegang teguh pada nilai keadaban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi’ah, AinurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Nilai-Nilai Demokrasi; Proses Pembelajaran PAI.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 04 Apr 2015 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

View Item View Item