ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM BAGI HASIL USAHA WARUNG KOPI DI DESA PABEAN KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basith, Abdul (2013) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM BAGI HASIL USAHA WARUNG KOPI DI DESA PABEAN KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini penulis menghunakan metode diskriptif analisis, yaitu memaparkan data-data dan informasi tentang masalah syirkah dan pelaksanaannya yang terjadi di warung kopi secara sistematis yang disertai dengan analisis konsep syirkah dan bagi hasilnya dalam Islam.
Penelitian ini menghasilkan bahwa sistem bagi hasil yang dijalankan di warung kopi di desa Pabean kecamatan Sedati kabupaten Sidoarjo ini sama dengan pengelolaan warung kopi, yaitu pengelolaannya di bagi perbulan secara bergantian, nanti sekaligus penghasilan satu bulan tersebut jadi pemilik pribadi yang dapat giliran mengelola tadi, demikian bergantian terus-menerus. Sesuai dengan bagian waktu pengelolaannya diperbolehkan karena dalam rana mu amalah kerjasama dimana semua pihak tidak merasa ditipu maupun dirugikan tidak ada masalah selama semua pihak sama-sama rela dan tidak ada unsur gharar
Dari penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa sistem bagi hasil yang dijalankan di warung kopi di desa Pabean kecamatan Sedati kabupaten Sidoarjo ini sudah sesuai dengan pengertian syirkah, yaitu kerjasama antara dua orang atau lebih untuk melakukan suatu usaha.
Berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis berharap agar setiap kerjasama usaha dilakukan dengan sistem yang tidak merugikan salah satu pihak yang bekerjasama. Karena tujuan kerjasama usaha adalah sama-sama mencari keuntungan Maka agar dalam pembagian hasil di warung kopi ini dibagi rata sesuai pembagian penanaman modal awal mereka dan diharapkan pada semua pengelola warung kopi ini sebaiknya menggunakan kerjasama syirkah yang tidak mendekati adanya unsur gharar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil; Warung Kopi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2013
Last Modified: 08 Apr 2015 04:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10600

Actions (login required)

View Item View Item