PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) PADA SISWA KELAS III SD MAARIF YPM WONOCOLO TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Yulianti (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) PADA SISWA KELAS III SD MAARIF YPM WONOCOLO TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika materi keliling dan luas persegi panjang yang dilaksanakan di SD Maarif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo pada kelas III belum sepenuhnya melibatkan peran siswa secara optimal. Siswa hanya diminta menghafalkan sebuah rumus tanpa menanamkan sebuah konsep dan mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari mereka Hal itulah yang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menghitung keliling dan luas persegi panjang. Menanggapi hal tersebut, maka dengan menggunakan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD Maarif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo dalam menghitung keliling dan luas persegi panjang.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan pendekatan PMRI yang efektif dalam pengajaran menghitung keliling dan luas persegi panjang di SD Maarif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo? 2. Bagaimana peningkatan kemampuan menghitung keliling dan luas persegi panjang di SD Maarif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo dengan menggunakan pendekatan PMRI?.
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Model PTK yang digunakan yaitu Kemmis dan Mc Taggart. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data kualiatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufik
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, YuliantiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan Menghitung, Keliling dan Luas Persegi panjang, Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10593

Actions (login required)

View Item View Item