PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V MI MA’ARIF KRATON

Islamiyah, Islamiyah (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V MI MA’ARIF KRATON. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Latar belakang ini adalah kurangnya hasil belajar siswa terhadap materi alat pernafasan manusia pada mata pelajaran IPA. Hasil belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi alat pernafasan pada manusia, diambil tindakan pembelajaran melaui pendekatan kontekstual.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dan untuk mengetahui apakah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V MI Ma’arif Kraton.
Metode dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan, pada teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah butir-butir tes.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Penerapan pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran IPA di kelas V MI Ma’arif Kraton berhasil seuai dengan yang direncanakan. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang berlangsung dengan baik. Berdasarkan respon siswa yang menunjukkan tanggapan positif dengan adanya pembelajaran yang telah dilakukan. (2) terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi alat pernafasan pada manusia dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V MI Ma’arif Kraton. Hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 60,6 menjadi 75,0 pada siklus II serta prosentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 50 % jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 88,9 % jumlah siswa tuntas.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jauharoti Alfin
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pendekatan Kontekstual
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2015 03:33
Last Modified: 23 Feb 2015 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item