PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBERIAN HADIAH(REWARD) PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHALAT ID KELAS IV MI DARUL MUTTAQIN NGEPUNG KEDAMEAN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Nurul Ilmiyah (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBERIAN HADIAH(REWARD) PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHALAT ID KELAS IV MI DARUL MUTTAQIN NGEPUNG KEDAMEAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fikih berperan dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan ibadah yang merupakan hukum Islam utamanya tentang shalat Id, untuk itu diperlukan motivasi belajar yang tinggi dalam mempelajari fikih. Akan tetapi hasil observasi terhadap siswa kelas IV MI Darul Muttaqin Ngepung menunjukkan bahwa sebanyak 64 persen dari jumlah siswa memiliki motivasi belajar kategori kurang, rendahnya motivasi belajar ini disebabkan karena guru kurang memberikan variasi metode kepada siswa, berdasarkan hasil observasi tersebut, peneliti terdorong untuk melakukan perbaikan pengajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pemberian hadiah(reward)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pemberian hadiah (reward)dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat Id kelas IV MI Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresik, (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi shalat Id Kelas IV MI Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresik setelah belajar dengan menggunakan metode pemberian hadiah (reward).
Peningkatan motivasi belajar dalam PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus Idan siklus II yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif. Subyek penelitianya adalah siswa kelas IV MI Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Badaruddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Nurul IlmiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Metode Pemberian Hadiah (reward)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 06:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10585

Actions (login required)

View Item View Item