ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP KAWUNG 2 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, M. Azhar (2013) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP KAWUNG 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan-temuan dilapangan yang menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-B SMP Kawung 2 Surabaya belum memahami topik-topik dalam matematika, salah satunya adalah menyelesaikan soal pada luas permukaan serta volume prisma dan limas. Adapun masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini berupa pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Apakah jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang luas permukaan serta volume prisma dan limas. (2) Apakah penyebab siswa melakukan kesalahan tentang luas permukaan serta volume prisma dan limas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada luas permukaan serta volume prisma dan limas, (2) penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada luas permukaan serta volume prisma dan limas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa ada 4 yaitu (1) kesalahan yang berhubungan dengan konsep prisma dan limas meliputi (a) kesalahan dalam menggunakan dan menerapkan rumus, penyebabnya adalah siswa tidak teliti dan tidak dapat memahami maksud soal, (b) kesalahan dalam mencari luas permukaan limas, penyebabnya adalah karena siswa tidak paham tentang konsep luas permukaan limas, (c) kesalahan dalam mencari volume limas, penyebabnya adalah karena siswa tidak paham tentang unsur-unsur limas dan sekedar memasukkan angka ke dalam rumus, (d) kesalahan dalam menentukan alas dan tutup prisma, penyebabnya adalah karena siswa tidak cermat dalam memperhatikan gambar, (e) kesalahan dalam menentukan bentuk dari bangun yang diminta, penyebabnya adalah karena siswa tidak cermat dalam memperhatikan gambar. (2) kesalahan yang berhubungan dengan prinsip. Kesalahan prinsip yang ditemukan adalah meliputi: (a) Kesalahan menentukan rumus luas permukaan serta volume prisma dan limas, (b) Kesalahan dalam menggunakan Dalil phytagoras. (3) kesalahan yang berhubungan dengan operasi. Kesalahan operasi yang ditemukan adalah: (a) Kesalahan dalam menjumlahkan bentuk akar. (4) Kesalahan yang berhubungan dengan kealpaan. Kesalahan kealpaan yang ditemukan adalah meliputi: (a) Kerancuan dalam menuliskan rumus, (b) Kerancuan dalam mengerjakan soal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Yuni Arrifadah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, M. AzharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Jenis Kesalahan; Penyebab Kesalahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 03:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

View Item View Item