HUBUNGAN PENGGUNAAN MAGIC DENGAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PEDAGANG DI DESA NGINGAS WARU SIDOARJO TENTANG TAQDIR TUHAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Maulidah (2013) HUBUNGAN PENGGUNAAN MAGIC DENGAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PEDAGANG DI DESA NGINGAS WARU SIDOARJO TENTANG TAQDIR TUHAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari manusia erat kaitannya dengan bekerja untuk mencari uang, dengan banyaknya kemampuan-kemampuan yang dimiliki, untuk mencari nafkah mereka menggunakan kemampuan mereka, ada yang ahli dalam bisnis, ada juga yang ahli dalam perdagangan, dalam hal ini khususnya di Desa Ngingas mayoritas masyarakatnya adalah berdagang, dalam hal berdagang ini, mereka ada yang sepenuhnya percaya akan takdir Tuhan, ada juga yang percaya akan takdir Tuhan tapi menggabungkannya dengan suatu unsure magic, sebagai usaha mereka untuk melariskan dagangannya.Masyarakat desa Ngingas mayoritas agamanya adalah islam modern, namun dari sebagian masyarakat ada yang mempercayai akan hal-hal yang mengandung unsur magic, karena masyarakat desa Ngingas adalah mayoritas pendatang dari pedesaan yang tidak bisa lepas dari suatu hal-hal yang supranatural. Dalam skripsi ini penulis mangangkat tema tersebut, karena masih banyak yang menggunakan unsur tersebut untuk usahanya. yang menggunakan unsure tersebut, bukan berarti mereka tak percaya akan takdir Tuhan, melainkan mereka percaya akan takdir Tuhan itu ada dalam kehidupan sehari-hari, mereka mengaku menggunakan unsure tersebut sebagai suatu usaha agar apa yang diinginkan tercapai, dan ada juga sebagai adat atau kebiasaan dari keluarga leluhur mereka. Tahap-tahap yang mereka lakukan dalam berdagang adalah, tidak luput dari doa pada yang Maha Kuasa, agar apa yang dikerjakan hari ini ada hasilnya, dan apa yang akan datang. Setelah itu, mereka juga melakukan suatu ritual-ritual yang mereka gunakan sebagai usaha lain selain berdoa, yaitu segala hal yang mereka ikuti. Dalam hal ini agama tidak menyalahkan adanya ritual yang eperti itu, karena apa yang dilakukan oleh masyarakat sekarang adalah sesuatu yang pernah dilakukan oleh orang dulu, sebagai orang yang dalam ilmu agamanya rendah, mereka akan menganggap perbuatan tersebut adalah perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama, tepi jika dilihat oleh orang kyai atau orang yang faham agama, maka membenarkan adanya hitungan-hitungan tersebut dalam agama islam, memang yang dulunya sesuatu yang dekat dengan unsur perbudhaan, maka seiring waktu, ada tokoh wali, yang menggantikan unsur tersebut menjadi unsur yang Islami. Maka dalam hal ini penulis menangkap peristiwa diatas adalah masyarakat di Desa Ngingas percaya akan takdir Tuhan dan menggunakan unsur magic, sebagai usaha mereka melakukan perdagangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Ma’shum
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, MaulidahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah
Keywords: Magic, Takdir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2013
Last Modified: 04 Apr 2015 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10573

Actions (login required)

View Item View Item