ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERBENTUK SEMANTIK, FIGURAL, DAN SIMBOLIK PADA POKOK BAHASAN FUNGSI KELAS XI IPA DI MAN NGLAWAK KERTOSONO NGANJUK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Lailatun (2013) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERBENTUK SEMANTIK, FIGURAL, DAN SIMBOLIK PADA POKOK BAHASAN FUNGSI KELAS XI IPA DI MAN NGLAWAK KERTOSONO NGANJUK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Selama ini kecenderungan para guru matematika kurang mengoptimalkan kemampuan berpikir matematika siswa dalam pembelajaran, terutama kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflektif siswa mempunyai 3 fase, antara lain :
Pertama, reacting adalah bereaksi dengan pemahaman pribadi terhadap masalah matematis dengan berfokus pada sifat alami situasi. Kedua, comparing adalah melakukan analisis dan klarifikasi pengalaman individual, serta makna dan informasi informasi untuk mengevaluasi apa yang diyakini dengan cara membandingkan reaksi dengan pengalaman yang lain. Ketiga, contemplating adalah fokus terhadap suatu tingkatan pribadi dalam proses-proses seperti menguraikan, menginformasikan, mempertimbangkan dan merekonstruksi situasi atau masalah. Salah satu aktivitas untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir reflektif siswa adalah memecahkan masalah berbentuk figural, semantik, dan simbolik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah berbentuk semantik, figural, dan simbolik pada pokok bahasan fungsi di kelas XI IPA MAN Nglawak Kertosono Nganjuk.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA MAN Ngalawak Kertosono Nganjuk menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, instrument tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah lima siswa dari 26 siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, LailatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Reflektif; Masalah Berbentuk Semantik; Figural dan Simbolik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2013
Last Modified: 01 Apr 2015 01:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10570

Actions (login required)

View Item View Item