UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING KELAS V DI MI ROUDLOTUS SHIBYAN DESA BETON MENGANTI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Indra Wati (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING KELAS V DI MI ROUDLOTUS SHIBYAN DESA BETON MENGANTI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi stuktur bumi yang dikarenakan guru dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode yang monoton yaitu ceramah, akibatnya siswa sulit memahami materi yang disampaikan, sedangkan materi yang disampaikan memiliki tingkat kesulitan dan kompetensi yang tinggi. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi stuktur bumi di kelas V MI Roudlotus Shibyan Desa Beton-Menganti sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi stuktur bumi di kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotus Shibyan Desa Beton-Menganti? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi stuktur bumi di kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotus Shibyan Desa Beton Menganti? Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan model PTK Kurt Lewin. Dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya: menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Zumrotul Mukaffa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Indra WatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Siswa; Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 31 Mar 2015 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10569

Actions (login required)

View Item View Item