PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV MI RAUDLATUL MUTAALLIMIN TEGALREJO DATINAWONG BABAT LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imamah, Faidah Nur (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV MI RAUDLATUL MUTAALLIMIN TEGALREJO DATINAWONG BABAT LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran IPS adalah salah satu pelajaran yang memberikan wawasan pengetahuan luas tentang masyarakat setempat maupun masyarakat global agar bisa hidup bersama-sama dengan masyarakat lainnya. Mengingat pentingnya mata pelajaran IPS yang diajarkan di MI. Dalam hal ini penulis menemukan kekurangan yakni rendahnya daya serap siswa yang disebabkan dominannya proses pembelajaran yang konvensional, khususnya dalam materi kegiatan ekonomi masyarakat yang berkaitan dengan sumber daya alam pada kelas IV MI Raudlatul Mutaallimin Datinawong Babat Lamongan yang mempunyai rata-rata nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) = 75 yang sudah ditentukan sebelumnya. Salah satu alternatif yang bisa ditempuh untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menggunakan metode peta konsep. Dengan menggunakan metode peta konsep ini, maka siswa dibantu untuk dapat lebih mudah memahami materi dan lebih aktif di kelas. Maka ada rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode peta konsep pada pembelajaran IPS siswa kelas IV MI Raudlatul Mutaallimin Datinawong Babat Lamongan; (2) Apakah dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPS di MI Raudlatul Mutaallimin Datinawong Babat Lamongan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan ciri-ciri penelitian tindakan kelas yang berdaur dengan tujuan meningkatkan hasil belajar pada siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MI Raudlatul Mutaallimin. Penelitian ini menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imamah, Faidah NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Peta Konsep
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 20 Apr 2015 02:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10565

Actions (login required)

View Item View Item