PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH 4 WOTAN PANCENG GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fi'lia, Chisbatul (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH 4 WOTAN PANCENG GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dalam materi sholat id. Motivasi belajar yang rendah dalam menulis karangan memberikan dampak rendahnya hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan motivasi belajar dalam materi sholat id, diambil tindakan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang dilakukan dengan 2 siklus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)? (2) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran fikih kelas IV MI Muhammadiyah 04 Wotan Panceng Gresik?
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kolaboratif antara kuantitatif dan kualitatif dengan rancangan penelitian yang berdaur dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V MI Muhammadiyah 4 Wotan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fi'lia, ChisbatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Sholat Id, Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 07:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item View Item