PENERAPAN PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI MI TARBIYATUL ISLAM KARANGREJO UJUNGPANGKAH GRESIK

Hariyanto, Agus (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI MI TARBIYATUL ISLAM KARANGREJO UJUNGPANGKAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Data yang diperoleh dalam penelitian inibahwaskor rata-rata pengamatan keterlaksanaan pada siklus I skor rata-rata 3,5 berkategori sangat baik dan pada siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 3,8. Hal ini berarti pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran model GI yang diintegrasikan dengan pembelajaran kooperatif berlangsung dengan sangat baik. Pada pengelolaan waktu pada siklus mendapat kategori terendah, yaitu rata-rata 3,0 karena pada awalnya kurang dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu, tetapi setelah mendapat masukan dari pengamat, sehingga pada siklus II meningkat menjadi 4,0 karena guru dapat melaksanakan KBM sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Pada siklus I Pada saat pretest sebagian besar siswa tidak tuntas sedangkan pada saat posttes sebagian besar tuntas dan hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas dan pada siklus II pada saat pretest sebagian kecil siswa tidak tuntas sedangkan pada saat posttes semua siswa tuntas. Berdasarkan hasil analisis respon peserta didik yang telah didapatkan bahwa respon peserta didik terhadap strategi pembelajaran dengan model pembelajaran GI sebesar 4,253 atau berada pada skala sikap sangat setuju.
Pembelajaranmenggunakan model group investigationyang diajarkandenganmodelpembelajarankooperatifdapatmenuntaskanhasilbelajarprodukpadamateristruktur tumbuhansecara individual. Respon siswa terhadap pembelajaranmenggunakan model group investigation yangdiajarkandengan model pembelajarankooperatif sangat baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Irma Soraya
Uncontrolled Keywords: Group Investigation(GI), HasilBelajar
Subjects: Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 02:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10557

Actions (login required)

View Item View Item