PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN PKn MATERI LEMBAGA LEGISLATIF MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE THINK PARE SHARE SISWA KELAS VI MI. MIFTAHUL ULUM BAJANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2014/2015 PASURUAN

Ratnasari, Nuraeni (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN PKn MATERI LEMBAGA LEGISLATIF MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE THINK PARE SHARE SISWA KELAS VI MI. MIFTAHUL ULUM BAJANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2014/2015 PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa hasil belajar PKn siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan rendah. Hal ini disebabkan karena guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung tidak aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran PKn materi lembaga legislatif melalui metodek ooperatif tipe think pare share siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Pasuruan dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi lembaga legisatif siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Pasuruan melalui metode kooperatif tipe think pare share.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tempat penelitian dilakukan di MI Miftahu lUlum Bajangan Pasuruan kelas VI Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran PKn materi lembaga legislatif melalui metode kooperatif tipe think pare share. Variabel terikatnya adalah peningkatan hasil belajar PKn materi lembaga legislatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui metode kooperatif tipe think pare share dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi lembaga legislatif siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Pasuruan. Adapun hasil penelitian ini adalah hasil pre tes rata-rata 41,7 dengan persentase 17,65 meningkat menjadi 55,9 persentase 35,29 % pada siklus I dan 72,7 persentase 90,9 % pada siklus II. Penerapan metode kooperatif tipe think pare share dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi lembaga legislatif siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Pasuruan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Amir Maliki Abitolkha
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Kooperatif Tipe Think Pare Share; PKn
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2015 03:06
Last Modified: 23 Feb 2015 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item