PEMBANGUNAN PEDESAAN BERBASIS DATABASE: PENGORGANISASIAN PENYUSUNAN DATABASE DESA SECARA PARTISIPATIF UNTUK MENDUKUNG PROGRAM PEMBANGUNAN DESA SUDIMORO KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN

Hayati, Sri (2014) PEMBANGUNAN PEDESAAN BERBASIS DATABASE: PENGORGANISASIAN PENYUSUNAN DATABASE DESA SECARA PARTISIPATIF UNTUK MENDUKUNG PROGRAM PEMBANGUNAN DESA SUDIMORO KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 8.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Ada beberapa persoalan dalam skripsi ini, namun, fokus permasalahan ada tiga yaitu: (1) Bagaimana membangun partisipasi masyarakat dalam mendukung terciptanya sistem database sosial-spasial desa yang valid, (2) Bagaimana meningkatkan keterampilan aparat desa dalam mengelola sistem database, dan (3) Bagaimana membangun proses komunikasi antarlembaga (pemerintah desa, kecamatan, dan Badan Pusat Statistik Klaten). Adapun tujuan peneliti ini adalah untuk membangun kesadaran masyarakat, merencanakan bersama masyarakat, dan melakukan aksi untuk pengelolaan sistem data base Desa Sudimoro, dengan harapan bahwa hasil aksi tersebut mampu menjadi bahan pengambilan keputusan dan perencanaan pembangunan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Dengan metode PAR penelitian dilakukan dengan tindakan aksi bersama masyarakat dan pemerintah Desa Sudimoro untuk membangun data base desa yang valid dan mengelolanya guna mencapai kebijakan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.
Proses-proses pengorganisasian dilakukan melalui ibu-ibu rumah tangga, pemuda, para bapak anggota kelompok tani, ketua RT, ketua RW, dan warga dengan membentuk kelompok yang diberi nama Tim Pemetaan Sosial-Spasial Desa Sudimoro. Dari pembentukan kelompok yang dilakukan melalui FGD dan PRA ini diharapkan dapat merubah pola pikir mereka agar lebih kritis dan peduli tentang pentingnya penguasaan sumber-sumber informasi desa demi kesejahteraan masyarakat.
Hasil riset pengorganisasian ini, tercermin dalam pola perilaku masyarakat yang bersedia secara aktif untuk pengelolaan database dan pengumpulan informasi sumber-sumber potensi serta kelemahan yang terdapat di desa, serta mampu memberikan pemahaman bahwa keterlibatan masyarakat tersebut mampu memberikan sumbangsih besar bagi kemajuan Desa Sudimoro.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agus Afandi
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Pembangunan; Pengorganisasian Masyarakat
Subjects: Manajemen Dakwah
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2015 08:03
Last Modified: 04 Feb 2015 01:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item