PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGUNGKAP MASALAH SISWA MELALUI KOTAK CURHAT DI SMP NEGERI 4 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayhuni, Nurul (2013) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGUNGKAP MASALAH SISWA MELALUI KOTAK CURHAT DI SMP NEGERI 4 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Kotak masalah yaitu suatu kotak yang disediakan untuk menampung masalah baik dari murid, guru ataupun dari pihak lain. Mereka yang merasakan ada masalah, diminta menuliskannya dalam selembar kertas yang kemudian dimasukkan kedalam kotak curhat. Kotak curhat diadakan guru BK, agar guru BK dapat mengungkap masalah siswa yang introvert, pendiam atau takut kepada guru BK, dan berangapan bahwa guru BK hanya menangani siswa yang bermasalah.
Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di SMP Negeri 4 Surabaya dengan judul: Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengungkap Masalah Siswa Melalui Kotak Curhat untuk mengetahui gambaran keberadaan kotak curhat di SMP Negeri 4 Surabaya, Permasalahan siswa yang diungkap melalui kotak curhat di SMP Negeri 4 Surabaya, peran guru bimbingan dan konseling dalam mengungkap masalah siswa melalui kotak curhat di SMP Negeri 4 Surabaya. Dan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengeni gambaran keberadaan kotak curhat, Permasalahan siswa yang diungkap melalui kotak curhat, peran guru bimbingan dan konseling dalam mengungkap masalah siswa melalui kotak curhat di SMP Negeri 4 Surabaya.
Terkait dengan penelitian di atas peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data: observasi, interview, dan dokumentasi. Dan adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah, kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, TU, dan siswa siswi SMP Negeri 4 Surabaya. Adapun langkah dalam teknis analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Dari hasil yang dilakukan peneliti maka disimpulkan gambaran keberadaan kotak curhat cukup membantu guru BK di SMP Negeri 4 Surabaya. Permasalahan siswa yang diungkap melalui kotak curhat bisa teratasi dan peran guru bimbingan dalam mengungkap masalah siswa melalui kotak curhat cukup bagus bagus. Seiring perkembangan-perkembangan teknologi, media, dan tehnik-tehnik konseling saati ni, kotak curhat kurang diminati siswa dalam mengungkapkan masalah-masalahnya kepada guru BK.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Lilik Nofijantie
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayhuni, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Guru
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan; Konseling; Mengungkap Masalah; Kotak Curhat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2013
Last Modified: 02 Apr 2015 02:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item