Fa aliyyah Thoriqah Jurnal al Taklim li Tarqiyyah Maharah al Kitabah fi al Shoffi al Hadiy Asyr bi al Madrasah al Tsanawiyyah al Islamiyyah al Hukumiyyah Sidoarjo

FATIMAH, FATIMAH (2013) Fa aliyyah Thoriqah Jurnal al Taklim li Tarqiyyah Maharah al Kitabah fi al Shoffi al Hadiy Asyr bi al Madrasah al Tsanawiyyah al Islamiyyah al Hukumiyyah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Arab meliputi empat komponen yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Pengajaran menulis merupakan hal yang tidak mudah dikarenakan keterampilan menulis dapat disampaikan setelah siswa mampu memahami keterampilan yang lain, yaitu menyimak, berbicara, dan membaca. Dibutuhkan keuletan yang tinggi dalam mengajarkannya. Di samping itu keterampilan menulis adalah keterampilan yang cukup sulit dibanding dengan keterampilan yang lain.
Metode Pembelajaran salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan mengajar. Guru harus mampu memilih metode pembelajaran yang relevan dalam pengajaran Bahasa Arab terutama keterampilan menulis. Maka dibutuhkan metode Learning Journals karena bisa mendorong siswa untuk berpikir secara aktiv dan mengungkapkan gagasannya dalam kalimatnya sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode Learning Journals untuk meningkatkan maharah menulis di kelas XI MAN Sidoarjo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Peneliti memperhatikan dan membandingkan kemampuan siswa dalam menulis dengan menggunakan Bahasa Arab, sebelum dan sesudah diterapkannya Bahasa Arab dengan menggunakan metode Learning Journals serta untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, angket dan tes dengan mengambil 30 siswa sebagai sampelnya. Untuk dapat menyimpulkan hasil yang dikehendaki maka digunakan rumus prosentase dan t test.
Hasil penelitian terangkum sebagai berikut 1. penerapan metode Learning Journals termasuk baik, hasil tersebut dapat dilihat dari nilai angket yang dihasilkan dari siswa yaitu mayoritas mereka memilih jawaban A 41,67 persen dan jawaban B 42,7 persen artinya mereka sangat senang menggunakan metode Learning Journals. 2. Dengan menggunakan metode Learning Journals diketahui bisa efektif dengan melihat hasil tes sebagai berikut maka dihasilkan t atau t0 dengan nilai 10,647tt 5 persen derajat 2,04 dan ini menunjukkan t0 lebih besar dari tt adalah 10,6472,04 maka Hipotesis Ha diterima dan Ho Hipotesis Nol ditolak sehingga dapat disimpulkan dalam penerapan metode Learning Journals efektif dalam meningkatkan maharah menulis di kelas XI MAN Sidoarjo.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, keterampilan menulis
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10453

Actions (login required)

View Item View Item