PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STAD SISWA KELAS V MI SUNAN AMPEL REJOSO PASURUAN

Fakhrini, Fita (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STAD SISWA KELAS V MI SUNAN AMPEL REJOSO PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V MI Sunan Ampel Rejoso Pasuruan diketahui bahwa sebagian besar kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru, sedang siswa hanya duduk, mendengar dan mencatat sehingga siswa terlihat kurang aktif di dalam kegiatan pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode ceramah daripada dengan metode yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kooperatif metode STAD mata pelajaran IPA siswa kelas V di MI Sunan Ampel Rejoso Pasuruan dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Sunan Ampel Rejoso Pasuruan melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif metode STAD.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tempat penelitian dilakukan di MI Sunan Ampel Rejoso Pasuruan kelas V Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi pembelajaran kooperatif Metode STAD. Variabel terikatnya adalah peningkatan prestasi belajar IPA. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan lembar observasi, hasil tes dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kegiatan belajar IPA siswa kelas V MI. Sunan Ampel Rejoso Pasuruan. Rata-rata persentase kegiatan belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan meningkat dari 64,44% (cukup) pada siklus I menjadi 77,19% (baik) pada siklus II. Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V MI. Sunan Ampel Rejoso Pasuruan. Rata-rata selisih skor antara pre-test dan post test sebesar 23,05 pada siklus I meningkat menjadi 22,31 pada siklus II; ketuntasan belajar siswa sebesar 72,22% pada siklus I meningkat menjadi 88,89% pada siklus II.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suparto
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Strategi Pembelajaran Kooperatif; Metode STAD
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2015 02:32
Last Modified: 23 Feb 2015 02:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1045

Actions (login required)

View Item View Item