PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB TINGKAT DASAR KELAS 4: PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhairi, Suhairi (2013) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB TINGKAT DASAR KELAS 4: PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya empat keterampilan berbahasa (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis) masing-masing dapat dikembangkan. Aktivitas berbahasa pada hakikatnya bukan sekedar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) atau membaca dalam sebuah teks dengan baik, tetapi keterampilan berbahasa itu merupakan aktivitas yang kompleks yang melibatkan berbagai aspek kecakapan berbahasa lainnya. Untuk mencapai hal tersebut, dalam proses pembelajaran Bahasa Arab perlu kiranya buku ajar yang digunakan memiliki karakteristik dan pendekatan yang dapat memudahkan bagi para siswa dalam pembelajarannya. Juga dapat memudahkan bagi para guru dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa senang menerima pelajaran dan tidak mudah jenuh.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan Buku Ajar Bahasa Arab kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo yang sudah dikembangkan dalam satu tema (maudlu) disajikan empat Maharah. masing-masing maharah tersedia latihan-latihan (tadribat). Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest One Group dengan latar pembelajaran di kelas yang telah ditentukan sebagai sampel penelitian yaitu, siswa kelas empat Ustman bin Affan Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Sidoarjo, dengan jumlah 40 siswa dan siwi.
Temuan penelitian ini bila dilihat dari hasil yang diperoleh pada aspek pemahaman mendengar yaitu ; pemahaman terhadap teks (informasi rinci tentang bunyi huruf, kalimat maupun jumlah) mengalami peningkatan yang cukup sinifikan yang ditunjukkan dengan kemampuan awal siswa dengan rata-rata nilai 49,47 dan kemampuan akhir belajar dengan rata-rata nilai 84,5. Tentang berbicara yaitu; pemahaman terhadap isi teks (informasi rinci dan penggunaan kosakata) mengalami peningkatan cukup signifikan yang ditunjukkan dengan kemampuan awal siswa dengan rata-rata nilai 57,6 dan kemampuan akhir belajar dengan rata-rata nilai 81,975. begitu juga keterampilan membaca mengalami peningkatan cukup signifikan yang ditunjukkan dengan kemampuan awal siswa dengan rata-rata nilai 65,2 dan kemampuan akhir belajar dengan rata-rata nilai 88,7. begitu juga keterampilan menulis mengalami peningkatan cukup signifikan yang ditunjukkan dengan kemampuan awal siswa dengan rata-rata nilai 61,425 dan kemampuan akhir belajar dengan rata-rata nilai 88,75. Kemudian bila dilihat dari aspek kegiatan kelas, bahwa empat keterampilan berbahasa pada siswa dalam menggunakan buku ajar ini mengalami kemajuan cukup efektif.
Berdasarkan uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes aspek mendengar, menunjukkan hasil t-hitung (22,259) t-tabel (2.021) pada p 0.05. Begitu juga hasil pada aspek berbicara, menunjukkan hasil t-hitung (15,383) t-tabel (2.021) pada p 0.05.Pada aspek membaca, menunjukkan hasil t-hitung (19,423) t-tabel (2.021) pada p 0.05. Begitu juga hasil pada aspek menulis, menunjukkan hasil t-hitung (25,816) t-tabel (2.021) pada p 0.05. Artinya ada perbedaan cukup signifikan antara empat maharat sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Buku Ajar Bahasa Arab kelas 4 SD Muhammadiyah yang sudah dikembangkan. Dengan demikian, bahwa penggunaan Buku Ajar Bahasa Arab kelas 4 SD Muhammadiyah yang sudah dikembangkan efektif untuk siswa dalam meningkatkan empat keterampilan berbahasa. Sedangkan bila dilihat rata-rata nilai yang diperoleh dari empat keterampilan tersebut, keterampilan membaca lebih unggul (efektif) dibandingkan dengan keterampilan mendengar, berbicara, dan menulis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhairi, SuhairiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Pengembangan materi, peningkatan, empat Maharat
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 06:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10429

Actions (login required)

View Item View Item