PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH 16 SURABAYA : STUDI RELEVANSI DENGAN KONSEP PENDIDIKAN PAULO FREIRE

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmud, Ubaidillah (2013) PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH 16 SURABAYA : STUDI RELEVANSI DENGAN KONSEP PENDIDIKAN PAULO FREIRE. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pendidikan menurut Paulo Freire harus berorientasi untuk membebaskan manusia dari kungkungan rasa takut dan tertekan akibat otoritas kekuasaan (penindasan).1 Konsep yang ditawarkan oleh Freire ini, secara ideal mestinya mampu menjadi solusi atas bentuk-bentuk ketimpangan sistem pendidikan kita, baik secara teoritik maupun praktik di lapangan.
Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Ini menunjukkan bahwa manusia akan menjadi manusia karena pendidikan, atau dengan kata lain bahwa pendidikan berfungsi untuk memanusiakan manusia.2 Disadari atau tidak fungsi pendidikan dalam konteks ini, yakni memanusiakan manusia merupakan pondasi dasar dalam pelaksanaan pendidikan. Dalam hal ini, secara kritis perlu ditelaah bersama bahwa pelaksanaan pendidikan kita sampai detik ini masih jauh dari apa yang dicitakan dari idealitas fungsi pendidikan itu sendiri.
Rumusan masalah yang akan dibahas di dalamnya, yaitu:
1. Bagaimana konsep pendidikan perspektif Paulo Freire?
2. Bagaimana konsep pendidikan demokratis di SD Muhammadiyah?
3. Bagaimana relevansi pelaksanaan pendidikan demokratis di SD Muhammadiyah dengan konsep pendidikan Paulo Freire?

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : A. Hamid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmud, UbaidillahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Prophetic Intelligence
Keywords: Pendidikan SD; Konsep Pendidikan; Paulo Freier
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 16 Apr 2015 02:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10428

Actions (login required)

View Item View Item