ANALISIS PENGUASAAN TEKNIK KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL-IKHLAS KEC. PROPPO KAB. PAMEKASAN

Minan, Nailul (2013) ANALISIS PENGUASAAN TEKNIK KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL-IKHLAS KEC. PROPPO KAB. PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah bentuk dari komunikasi yang melibatkan dua komponen, yaitu guru sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan. Tujuan pendidikan akan tercapai jika prosesnya komunikatif. Guru merupakan sumber utama dalam menentukan kesuksesan siswa dalam belajar. Guru sebagai komunikator dituntut mempunyai keterampilan berkomunikasi yang baik agar proses pembelajaran berjalan maksimal dan memberikan kesan baik kepada siswa. Komunikasi dan performa guru menjadi pusat perhatian siswa dalam belajar. Untuk itu, seorang guru harus mengetahui kebutuhan, karakter, minat, serta hobi siswa sebagai komunikan. Dilihat dari fenomina yang terjadi maka sangat tampak betapa pentingnya menggunakan teknik komunikasi dalam pembelajaran matematika. Yang mana beberapa tehnik komunikasi tersebut adalah: teknik informatif, persuasif, pervasif, koersif, dan instruktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengkomunikasikan materi yang diberikan.
Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dikatakan penelitian deskriptif karena penelitian ini mendeskripsikan keadaan yang berjalan pada saat penelitian dilakukan dan akibat-akibat yang ditimbulkan dari gejala-gejala selama proses penelitian. Pendekatan kualitatif digunakan karena peneliti ingin mengetahui bagaimana kemampuan dan cara guru dalam mengkomunikasikan pembelajaran matematika dengan melihat metodologi penelitian yang ada. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Ikhlas Kec. Proppo Kab. Pamekasan dikelas 1 dan 2, yang dilakukan terhadap 2 orang guru dan 2 orang murid sebagai perwakilan dari masing-masing kelas.
Dari beberapa hasil penelitian dan hasil analisis yang dilakukan kepada 2 guru dan 2 murid tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kedua guru tersebut sudah menggunakan beberapa teknik komunikasi dalam menyampaikan materi matematika dikelas. Guru AR dan guru UT telah menggunakan teknik komunikasi dengan baik dalam menyampaikan materinya didalam kelas. Seperti teknik informatif, persuasif, pervasif, koersif, dan instruktif. Perbedaan dari kedua guru ini sangat tampak jika dilihat dari segi teknik informatif, yang mana guru UT lebih cenderung pada pemahaman soal dari pada pemahaman materi atau konsep. Maka dengan adanya penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa sebagian guru sudah menggunakan teknik komunikasi dengan baik sehingga pemahaman siswa dalam memahami materi matematika juga bisa dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Yuni Arrifadah
Uncontrolled Keywords: Teknik Komunikasi; Matematika
Subjects: Matematika
Pendidikan > Peran Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10419

Actions (login required)

View Item View Item