PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA FLSHCARD PADA SISWA KELAS V MI BUSTANUL ULUM SOMOBITO JOMBANG

Amilia, Rizky Sulistyo (2013) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA FLSHCARD PADA SISWA KELAS V MI BUSTANUL ULUM SOMOBITO JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Flashcard merupakan media visual dalam bentuk kartu yang biasanya berisi kombinasi gambar dengan kata-kata. Flashcard dimainkan dengan diperlihatkan kepada siswa sekilas sambil menyebutkan mufradatnya.
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Dan dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab, peneliti mengambil tindakan pembelajaran dengan menggunakan media Pembelajaran Flashcard yang dilakukan dengan dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Adapun data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan di analisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penguasaan kosakata siswa sebelum menggunakan flashcard sangat rendah. Terbukti dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 44,92 dengan jumlah siswa yang tuntas hanya sebanyak 11,54%. 2) Penerapan media flashcard pada pembelajaran Bahasa Arab berjalan dengan baik melalui perbaikan- perbaikan pada tiap siklus. Dalam PBM dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. 3) Pembelajaran dengan menggunakan media Flashcard dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Bustanul Ulum Sumobito Jombang. Dari hasil analisis data, nilai rata-rata siswa pada siklus I meningkat menjadi 71,85 dengan pesentase ketuntasan siswa sebesar 57,69%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 87,56 dengan presentase ketuntasan sebesar 92%. Dari data tersebut dapat dilihat adanya peningkatan yang terjadi antara pra siklus dengan siklus I yaitu 26,93. Sedangkan peningkatan yang terjadi antara siklus I dengan siklus II sebesar 15,71. Sehingga total peningkatan secara keseluruhan antara pra siklus hingga siklus II adalah sebesar 42,64.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufik Siraj
Uncontrolled Keywords: PTK; Media Flashcard;, Penguasaan Kosakata;
Subjects: Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2013
Last Modified: 31 Mar 2015 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10380

Actions (login required)

View Item View Item