PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TENTANG MODERNISASI SISTEM PESANTREN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mi'ah, Afiful (2013) PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TENTANG MODERNISASI SISTEM PESANTREN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren menurut para ahli di anggap sebagai lembaga pendidikan islam yang pertama kali ada di indonesia. Pesantren adalah lembaga indegenous, sebagai lembaga indegenous pesantren muncul dan berkembang dari pengalaman sosiologis masyarakat linkungannya. Artinya pesantren berkaitan erat dan tidak terpisahkan dengan lingkungannya. Sebuah lembaga pendidikan yang unik ini juga terkenal dengan keistimewaannya yang telah banyak melahirkan para ahli dalam semua bidang, utamanya bidang agama. Pada masa penjajahan pun pesantren tidak sedikit memberikan sumbangsih pada kemerdekaan Indonesia. Dengan keistimewaan itulah pesantren tetap bisa eksis sampai sekarang . Hanya perkembangan pondok pesantren tersebut tidak lepas dari tantangan, baik yang bersifat internal maupun ekternal, khususnya di era modern ini.
Pada awalnya memang pesantren bersikap enggan dan rikuh menerima modernisasi. Namun secara gradual pesantren juga melakukan adaptasi, akomodasi dan konsesi untuk kemudian menemukan pola yang dipandangnya cukup tepat guna menghadapi modernisasi yang berdampak luas. Modernisasi pesantren, baik berkaitan dengan sistem pendidikan maupun program sosialnya, pada dasarnya didorong oleh keinginan untuk menyahuti kebutuhan masyarakat. Perubahan atau modernisasi pendidikan Islam yang ada di indonesia berkaitan dengan gagasan modernisasi islam yang mempengaruhi dinamika keilmuan di lingkungan pendidikan termasuk pesantren. Gagasan modernisasi islam yang menemukan momentumnya sejak awal abad ke-20 masehi, pada lapangan pendidikan di realisasiakan dengan pembentukan lembaga-lembaga modern. Pondok pesantren tidak mampu menghindarkan diri dari area modernisasi yang merambah di berbagai pelosok dan penjuru daerah.
Di Era modernisasi dewasa ini, sistem pesantren menjadi pertanyaan banyak pihak untuk tetap dipertahankan, Penelitian ini di lakukan untuk menjawab keraguan tersebut dengan mengangkat beberapa pemikiran Nurcholish Madjid tentang bagaimana krikik serta konsep yang di tawarkan oleh Nurcholish Madjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep yang di tawarkan Nurcholish Madjid tentang modernisasi sistem pesantren. Kegunaan penelitian ini untuk menambah peningkatan khasanah keilmuan dalam dimensi pendidikan islam, menjadi wacana baru dalam ilmu pengetahuan agar pendidikan menjadi lebih baik, serta menjadi solusi bagi pesantren dalam menghadapi masalah-masalah kontemporer yang menjadi tantangan besar bagi masyarakat muslim di ambang milinium ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pada perkembangan terakhir dengan berdirinya lembaga-lembaga pendidikan oleh kolonial Belanda (modern) lembaga pendidikan islam (pesantren) semakin tersurut keberadaanya. Dan enggan menerima hal-hal yang baru. Berangkat dari fenomena di atas Nurcholish Madjid mengklasifikasikan konsep modernisasi sistem pesantren menjadi tiga bagian, Pertama, Keislaman dengan cara mengislamkan ilmu pengetahuan. Kedua, Keindonesaian menciptakan lembaga pendidikan yang mempunyai kultur asli indonesia. Ketiga, Keilmuan menghilangkan dualisme pendidikan menjadi tunggal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Ali Mufrodi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mi'ah, AfifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi
Pesantren
Sejarah > Islam
Uncontrolled Keywords: Nurcholish Madjid; Modernisasi Sistem Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10378

Actions (login required)

View Item View Item