STRATEGI KONSELOR DALAM PEMBERIAN BANTUAN MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI NGUSIKAN JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryoningsih, Miming (2013) STRATEGI KONSELOR DALAM PEMBERIAN BANTUAN MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI NGUSIKAN JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling individu, mengetahui, strategi konselor dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemberian bantuan di SMP Negeri Ngusikan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada dilapangan. Data yang dihimpun penelitian adalah melali pengamatan yang seksama, wawancara, dan dokumentasi, agar hasil penelitian tersusun sistematis maka langkah-langkah peneliti dalam menganalisis data adalah yang pertama, dengan memilih hal-hal yang pokok dalam dan menfokuskan kepada ha-hal yang penting, kedua menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel, dan sejenisnya. Ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal.
Hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Layanan konseling individu di SMP Negeri Ngusikan berjalan dengan baik. Layanan dilaksanakan setelah guru pembimbing membuat perencanaan melalui perangkat-perangkat layanan yang telah disepakati dalam rapat Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) se-Kabupaten Jombang. (2) Strategi yang digunakan guru pembimbing adalah teknik Directive Counseling. Teknik ini digunakan sesuai dengan tipe siswa SMP Negeri Ngusikan yang pasif dan kurang terbuka. Teknik tersebut dipadupadankan dengan teknik menjemput bola, agar siswa yang pasif tersebut dapat terselesaikan masalahnya. Adapun penggunaan strategi berdasarkan pendekatan teori-teori konseling khusus jarang digunakan. (3)Faktor pendukung keberhasilan strategi yakni guru pembimbing yang memiliki pendidikan sesuai dengan bidang bimbingan dan konseling serta staf dan guru pengajar yang turut membantu dalam proses konseling. Sedangkan faktor penghambat adalah peserta didik yang belum memahami arti bimbingan konseling itu sendiri serta ruangan yang digunakan untuk melakukan konseling kurang sesuai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Husniyatus Salamah Z.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryoningsih, MimingUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Layanan
Keywords: Strategi Konselor; Layanan Konseling Individu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2013
Last Modified: 06 Apr 2015 04:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item