IMPLEMENTASI KURIKULUM DIFERENSIASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROGRAM AKSELERASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I MODEL BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maskanah, Siti (2013) IMPLEMENTASI KURIKULUM DIFERENSIASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROGRAM AKSELERASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I MODEL BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia pada saat ini masih berorientasi pada kuantitas untuk melayani sebanyak-banyaknya peserta didik saja. Penyelenggara pendidikan yang benar harus memperhatikan perbedaan kecerdasan dan kecakapan hidup peseta didik. Untuk itu, kebutuhan akan kelas akselerasi di indonesia semakin tinggi dan harus menjadi kesadaran pihak sekolah. Pengembangan program akselerasi tidak bisa terlepas tanpa adanya kurikulum khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari siswa akselerasi itu sendiri. Maka dari itu, MAN I Model Bojonegoro menyusun dan menerapkan kurikulum diferensiasi untuk kelas akselerasi.
Bagaimanakah program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro? Bagaimanakah implementasi kurikulum diferensiasi sebagai upaya pengembangan program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro? Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum diferensiasi sebagai upaya pengembangan program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro. Untuk mengetahui bagaimanakah implementasi kurikulum diferensiasi sebagai upaya pengembangan program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro. Untuk mengetahui apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum diferensiasi sebagai upaya pengembangan program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro.
Penelitian ini pada dasarnya bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Adapun hasil yang didapat oleh peneliti adalah Program akselerasi mulai dibuka di MAN I Model Bojonegoro pada tahun 2010. Untuk mengelola program akselerasi ada tim pengembang sendiri yang dalam pengelolaannya berdasarkan pada 8 SNP. Program akselerasi di MAN I Model Bojonegoro dibuka untuk jurusan IPA dan dalam pembelajarannya menggunakan kurikulum diferensiasi.
Implementasi Kurikulum Diferensiasi Sebagai Upaya Pengembangan Program akselerasi tidak bisa terlepas dari modifikasi kurikulum. Di MAN I Model Bojonegoro telah ada tim pengembang kurikulum untuk program akselerasi yang bertugas untuk memodifikasi kurikulum nasional untuk disesuaikan sesuai dengan karakter siswa akselerasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Nuril Huda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maskanah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Diferensiasi; Akselerasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10354

Actions (login required)

View Item View Item