PELAKSANAAN TEKNIK HOMEROOM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMA GIKI 2 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Sari (2013) PELAKSANAAN TEKNIK HOMEROOM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMA GIKI 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana mengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui teknik Homeroom yang mana kecerdasan interpersonal termasuk dalam 8 multiple inteligences dipelopori oleh Howerd Gardner. Motivasi yang kuat dan pengajaran yang bagus bisa membantu meningkatkan ranah-ranah kecerdasan yang lemah, putusan harus diambil antara menghabiskan waktu mengembangkan kekuatan-kekuatan seseorang atau memperbaiki kelemahan-kelemahan, sedangkan pengembangan merupakan serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman, dan juga merupakan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang kompleks. Pengembangan kecerdasan interpersonal dilakukan karena pada saat ini hubungan sosial siswa sudah sangat rendah siswa lebih cenderung individualis, sudah jarang ditemukan lagi kerja sama antara siswa oleh sebab itu peneliti melakukan pengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui teknik Homeroom yang dilakukan di Kelas X.1 SMA GIKI 2 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dalam hal ini peneliti memberikan tes skala kecerddasan interpersonal setelah itu melakukan teknik Homeroom yang diisi dengan permainan berupa pengembangan kecerdasan interpersonal
Berdasarkan dari penelitian ini adalah adanya respon baik terhadap pengembangan kecerdasan siswa melalui teknik Homeroom, sebelum dilaksanakannya teknik Homeroom siswa lebih memilih bersama teman satu kelomponya saja, apabila dikumpulkan dengan kelompok yang lain/ tempat yang lain siswa enggan untuk berinteraksi, siswa memilih untuk mutup diri, hasil ini diperoleh dari instrumen sebelum melakukan teknik Homeroom berupa menulis teman dekatnya. Sedangkan setelah melakukan teknik Homeroom siswa bisa lebih terbuka dengan teman yang lain mereka saling memberi umpan balik seperti ketika siswa saling shering tentang dirinya yakni menilai sifat positif dan negatif pada dirinya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, SariUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Keywords: Teknik Homeroom; Kecerdasan Interpersonal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2013
Last Modified: 09 Apr 2015 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10346

Actions (login required)

View Item View Item