DISPARITAS SUNNI DAN SYIAH DALAM PENDIDIKAN : STUDI FENOMENOLOGI LEMBAGA PENDIDIKAN SUNNI DAN SYIAH DI KABUPATEN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isya, Muhammad Andy (2014) DISPARITAS SUNNI DAN SYIAH DALAM PENDIDIKAN : STUDI FENOMENOLOGI LEMBAGA PENDIDIKAN SUNNI DAN SYIAH DI KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Disparitas antara Sunni dan Syiah sudah terjadi dari semenjak pertama kali lahirnya kedua ideologi tersebut. Dari disparitas inilah muncul konflik abadi antara Sunni dan Syiah, hingga masuk pada ranah-ranah strategis pembentukan moral anak, yakni pendidikan.
Pendidikan merupakan tempat strategis dalam pembentukan dan kaderisasi seorang anak. Pendidikan yang semula diharapkan menjadi pembentukan kepribadian anak yang bersifat netral, lebih sering ditunggangi dengan ideologi-ideologi tertentu sehingga kepribadian anak terbentuk dari pendidikan Islam yang sesuai dengan ideologi sebuah lembaga pendidikan.
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui sistem pendidikan Sunni dan Syiah, dan untuk mengetahui disparitas pendidikan Sunni dan Syiah di Kabupaten Pasuruan. Sebagai obyek penelitiannya PP. Darul Ihya Liulumiddin dan YAPI Bangil.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan perspektif fenomelogis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan turut andil dalam memoles dan mempercantik konflik antara Sunni dan Syiah. Konflik yang terjadi sudah masuk dalam ranah pendidikan. Pemahaman yang mendalam terhadap ajaran-ajaran kasih sayang antara sesama pemeluk agama Islam, ditunjang dengan kurikulum pendidikan Islam yang tidak berat sebelah dan pendidik yang tidak fanatisme buta, akan menjadi solusi terwujudnya perdamaian bagi kedua sekte

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isya, Muhammad AndyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Sunni; Syiah; Pendidikan Sunni
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2015 08:32
Last Modified: 22 Feb 2015 08:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item