MAKNA HIJAB DALAM PROGRAM MISS MUSLIMAH 2013 DI ANTV

Anifah, Anifah (2014) MAKNA HIJAB DALAM PROGRAM MISS MUSLIMAH 2013 DI ANTV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa proses dakwah dalam islam memiliki beberapa tahap dan cara dalam penyampaiannya. Maka ada satu persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu bagaimana makna hijab dalam program miss muslimah sebagai pesan dakwah dengan menggunakan metode Roland Barthes.
Untuk mengungkap dan memperjelas dari persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ini, maka digunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dimana suatu analisa ini akan menunjukkan beberapa makna konotasi, denotasi, dan mitos dari program ajang show miss muslimah 2013. Setelah hasil analisa selesai dan dapat diketahui makna yang tersembunyi maka penjabaran dengan analisis Roland Barthes akan dipergunakan sebagai dasar pemikiran dalam pembahasan penelitian ini guna memperoleh makna yang mendalam dalam suatu ajang show miss muslimah 2013.
Dari hasil penelitian ini, ditemukan beberapa kesimpulan yaitu: makna denotasi yang tersembunyi dalam ajang show ini adalah gambaran tentang potret kehidupan wanita berhijab atau wanita muslim dalam berkompetisi menjadi miss world muslimah 2013 dengan penilaian kecerdasan, kesolikhaan, dan emansipasi sebagai seorang muslim. Meskipun ajang show ini berlatarkan pada suatu kompetisi, namun dasar dari program ajang show ini ialah ikut serta dalam membangun semangat wanita muslim dalam memperdalam agama, mengajari makna yang tersembunyi dari suatu hijab yang dikenakan seorang muslim sejati, dan menumbuhkan rasa solidaritas antar umat muslim lainnya dan umat non muslim pula. Makna konotasi yang tersembunyi dalam ajang show ini adalah beberapa nilai kaidah seorang muslim yang ditunjukkan saat sesi tanya jawab, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan perjalanan para finalis dimasa karantina berlangsung. Dimana setiap unsur dari pertanyaan juri adalah suatu hal pesan dakwah yang hendak disampaikan pada juri bagi para finalis, penonton di studio maupun dirumah, dan bagi dirinya sendiri.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka ada beberapa saran dari peneliti yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi penelitian semiotika selanjutnya. Adapun beberapa saran peneliti adalah ditujukan bagi seluruh wanita muslim di dunia, agar dapat menjunjung tinggi nilai moral wanita muslimah yang ada dan dapat menghargai hijab yang ia kenakan, dan penikmat program ajang show miss muslimah 2013 di ANTV agar lebih dapat mengambil intisari atau pesan-pesan moral yang terkandung dalam acara miss muslimah 2013 di ANTV.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotik; Program Ajang Show; Pesan Dakwah
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2015 07:34
Last Modified: 04 Feb 2015 01:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item