ISTIJHDAM ASMAK AL ISTIFHAM FI AL SHURAH AL MAUDLUIYYAH LITARQIYAH MAHARAH AL KALAM FI AL LUGHAH AL ARABIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Nur Indah (2012) ISTIJHDAM ASMAK AL ISTIFHAM FI AL SHURAH AL MAUDLUIYYAH LITARQIYAH MAHARAH AL KALAM FI AL LUGHAH AL ARABIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4, daf.pustaka.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media dalam proses belajar mengajar sangatlah penting untuk membangkitkan minat siswa dalam belajar, sehingga hasil yang diperoleh juga akan meningkat. Penggunaan kata tanya pada gambar tematik adalah salah satu model pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Arab yang dibantu dengan penggunaan gambar tematik. Gambar tematik, merupakan gambar tunggal yang mempunyai tema tertentu dan berukuran besar. Kata tanya tersebut adalah yang terdiri dari, madza, man, aina, limadza, dan kaifa yang berfungsi untuk mendorong dan mengarahkan siswa untuk berfikir dan mengungkapkan idenya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dengan menggunakan kata tanya pada gambar tematik pada siswa kelas XI MAN Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan pre tes dan pos tes. Pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan kata tanya pada gambar tematik ini mendapat sambutan baik dari siswa siswi kelas XI. Tapi disisi lain sebelum pembelajaran dimulai sebaiknya terlebih dahulu mengenalkan kosa kata yang berhubungan dengan materi, agar siswa tidak menanyakan terus menerus disaat siswa sudah mulai berlatih untuk berbicara.
Hasil pembelajaran melatih keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI MAN Mojokerto dengan menggunakan kata tanya pada gambar tematik meningkat, hal ini bisa kita lihat dari nilai yang diperoleh siswa dari sebelum penerapan penggunaan kata tanya pada gambar tematik dan sesudah penggunaan kata tanya pada gambar tematik. Hal ini bisa kita lihat dari hasil pos tes tahap pertama yang menunjukkan nilai rata rata siswa 70 dengan 50 persen dikategorikan tuntas, dengan criteria penilaian, intonasi dalam berbicara bahasa Arab dan kelancaran dan 50 persen belum mencapai nilai standar. Penggunaan kata tanya pada gambar tematik pada tahap selaNjutnya siswa lebih berani untuk mengungkapkan idenya menggunakan kata tanya pada gambar tematik dengan berbicara bahasa Arab sehingga hasilnya pun memuaskan. Ini bisa dilihat dari skor nilai yang rata rata 80 dengan 75 persen dikatakan tuntas dengan criteria yang sama dengan tahap pertama dan 25 persen dikategorikan belum tuntas, karena belum mencapai nilai standar. Dan nilai standar ketuntasan adalah 70. Untuk itu disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran berbasis penggunaan kata tanya sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Nur IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Gambar Tematik; Maharoh;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2012
Last Modified: 07 May 2015 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10297

Actions (login required)

View Item View Item