PERAN KH. MOH. MAHFOUDH HUSAINI DALAM MENGEMBANGKAN MADRASAH DI PONDOK PESANTREN ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP MADURA

Faizah, Lailatul (2014) PERAN KH. MOH. MAHFOUDH HUSAINI DALAM MENGEMBANGKAN MADRASAH DI PONDOK PESANTREN ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP MADURA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Judul Penelitian ini adalah Peran KH. Moh. Mahfoudh Husaini dalam Mengembangkan Madrasah di Pondok Pesantren Annuqayah.
Pada awal berdirinya, Pondok Pesantren Annuqayah hanya berbentuk “surau atau langgar”. Pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Annuqayah pada awalnya juga hanya sebatas belajar mengaji Al– quran. Namun, seiring perkembangan zaman, Pondok Pesantren Annuqayah mengalami perkembangan, khususnya dalam bidang pendidikan. Perkembangan tersebut tidak lepas dari peran generasi penerus dari Pendiri Pondok Pesantren Annuqayah. Salah satu penerus yang memiliki peran dalam mengembangkan pendidikan di Annuqayah adalah KH. Moh. Mahfoudh Husaini.
Dalam penelitian ini, Rumusan Masalah yang ingin dibahas adalah: 1) Bagaimana pemikiran KH. Moh Mahfoudh Husaini tentang pendidikan Islam 2) Bagaimana peran KH. Moh Mahfoudh Husaini dalam mengembangkan pendidikan di pondok pesantren Annuqayah 3) Apa saja hal-hal yang melatar belakangi KH. Moh Mahfoudh Husaini dalam mengembangkan pendidikan di pondok pesantren Annuqayah.
Adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan data yang digunakan berasal dari sumber-kepustakaan, baik berupa buku, jurnal, enseklopedi, majalah, surat kabar dan sebagainya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam tesis ini diambil dari wawancara atau tulisan-tulisan yang memiliki relevansi dengan uraian Tesis ini. Dalam pembahasan ini, penulis menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif diarahkan untuk menggambarkan keadaan obyek atau peristiwa di sekitarnya tanpa berpretensi membuat kesimpulan-kesimpulan yang berlaku secara umum.
Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah terkait dengan pemikiran, peran dan langkah – langkah yang dilakukan oleh KH. Moh. Mahfoud Husaini dalam mengembangkan pendidikan di pondok pesantren Annuqayah. Menurut beliau pendidikan Islam tidak bisa terlepas dari paradigma al-qur’an. Selain itu, beliau berpendapat bahwa pendidikan dan pengajaran berada pada posisi sebagai suatu usaha untuk membina sumber daya manusia (SDM), karena ia adalah faktor terpenting dalam pembangunan.
Peran beliau yang paling menjadi fokus permbahasan dalam penelitian ini adalah tentang keputusan beliau untuk merubah madrasah salafiyah menjadi madrasah ibtidaiyah Annuqayah dengan melebur Shifr nol menjadi kelas 1, shifr Alif menjadi kelas 2, Shifr Awwal menjadi kelas 3, Shifr Tsani menjadi kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah. Adapaun kelas 1 dan 2 Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah diganti menjadi kelas 5 dan kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah diganti menjadi kelas 1 Tsanawiyah.
Adapun yang melatar belakangi KH. Moh. Mahfoud Husaini dalam mengembangkan pendidikan di pondok pesantren Annuqayah adalah ingin meneruskan cita-cita pendiri Annuqayah dan menjalankan amanah yang diberikan kepada beliau untuk mengembangkan madrasah

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Madrasah; Pesantren; KH. Moh. Mahfoud;
Subjects: Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2015 08:21
Last Modified: 22 Feb 2015 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item