Pengaruh Penilaian Portofolio Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Negara Bali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhrika, Ina (2012) Pengaruh Penilaian Portofolio Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Negara Bali. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ina Muhrika_D32207004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. dalam dunia pendidikan saat ini masih banyak para pengajar yang menilai siswa hanya dari hasilnya saja, dan tidak memperhatikan proses pengajarannya. Sebenarnya para guru pun ikut dalam pelatihan tentang menilai kinerja siswa, namun hal itu belum banyak diterapkan. Di sini peneliti temukan sebuah penilaian yang cocok digunakan untuk dunia pendidikan saat ini, khususnya dalam pelajaran Bahasa Arab. Yaitu penilaian berbasis portofolio,Portofolio tidak hanya merupakan tempat penyimpanan hasil pekerjaan peserta didik tetapi merupakan sumber informasi untuk guru dan peserta didik. Portofolio berfungsi untuk mengetahui perkembangan pengetahuan peserta didik dan kemampuan dalam pembelajaran. penilaian portofolio Menjadi alat komunikasi yang jelas tentang kemajuan belajar siswa bagi dirinya, orang tua, dan orang sekitarnya.Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Negara telah menggunakan penilaian ini, karena itulah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana kemampuan menulis siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Negara. 2. Bagaimana hasil dari penerapan penilaian portofolio di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Negara. 3. Bagaimana Pengaruh penilaian Portofolio terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Negara.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Adapun tekhnik pengumpulan datanya menggunakan tekhnik interview, angket, dan dokumentasi. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti, peneliti menyebarkan angket kepada siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan prosentase dan product moment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhrika, InaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Penilaian Portofolio; Kemampuan Menulis Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2012
Last Modified: 08 Jul 2019 03:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item