Penerapan Metode Kolaboratif dengan Teknik Permainan Membaca Cepat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Asmaul (2012) Penerapan Metode Kolaboratif dengan Teknik Permainan Membaca Cepat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asmaul Husna_D02208079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Arab sering kali dianggap mata pelajaran yang menyulitkan bagi kebanyakan siswa dalam belajar di sekolah. Hal itulah yang menyebabkan guru bahasa arab dituntut agar mampu menciptakan metode pengajaran baru yang lebih menarik bagi siswa. Tetapi tidak hanya itu, guru juga harus bisa memberikan metode pengajaran yang sesuai dengan latar belakang kemampuan yang dimiliki siswa. Hal itulah yang terjadi di Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik, perbedaan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa arab menjadi kesulitan bagi guru untuk menemukan metode pengajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut.Metode kolaboratif dapat menjadi salah satu alternatif metode yang dpat digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Metode ini dirasa dapat membantu kesulitan guru dalam menghadapi tantangan mengajar siswa dengan perbedaan karakteristik dan kemampuan individual antar siswa. Pembelajaran kolaboratif dapat menyediakan peluang untuk menuju pada kesuksesan praktek praktek pembelajaran. Sebagai teknologi untuk pembelajaran, pembelajaran kolaboratif melibatkan partisipasi aktif para siswa dan meminimisasi perbedaan-perbedaan antar individu.Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dalam penelitian ini akan membahas penerapan metode kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hal itu untuk membuktikan efektivitas penerapan metode kolaboratif dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, AsmaulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Kolaboratif; Permainan Membaca Cepat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2012
Last Modified: 05 Jul 2019 09:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item