Perkembangan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Daulah Abbasiyah : Khalifah Harun Ar-Rashid Dan Al-Ma Mun Tahun 786- 833 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Khoirul (2012) Perkembangan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Daulah Abbasiyah : Khalifah Harun Ar-Rashid Dan Al-Ma Mun Tahun 786- 833 M. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Umam_A32208001.pdf

Download (849kB)

Abstract

Pada penulisan skripsi ini penulis menggunakan pendekatan historis yang dimaksudkan untuk mengetahui peristiwa masa lampau khususnya tentang sejarah Daulah Abbasiyah serta perkembangan ilmu pengetahuan pada masa itu. Penulis juga menggunakan metode penelitian sejarah yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari pencarian dan pengolahan data yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa keilmuan pada masa Daulah Abbasiyah berkembang pesat terutama pada masa kekhalifahan Harun ar-Rashid serta anaknya al Mamun. Pada masa Harun ar Rashid didirikan rumah rumah sakit, Khazanah al Hikmah serta lambaga kesusasteraan. Sedangkan pada masa khalifah al Ma mun Khazanah al Hikmah diubah namanya menjadi Baitul Hikmah, didirikan juga Majalis al Munazharah dan Rumah para Ulama yang belum ada pada masa khalifah Harun ar Rashid.
Pada masa daulah Abbasiyah para ilmuan muslim dapat menghitung luas permukaan bumi, yang selanjutnya tabel astronomi Arab dapat menggantikan semua tabel Yunani. Pada masa itu pula diciptakan alat untuk mengukur ketinggian bintangg serta diciptakan bola dunia (globe).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: UIN Sunan Ampel Surabaya > Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Daulah Abbasiyah; ilmu pengetahuan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 09 Apr 2019 02:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item