Tingkat respon siswa terhadap masalah Matematika Evaluasi pada materi Persegi berdasarkan Taksonomi Solo di Kelas VII A SMP Kyai Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lathif, Aminul (2012) Tingkat respon siswa terhadap masalah Matematika Evaluasi pada materi Persegi berdasarkan Taksonomi Solo di Kelas VII A SMP Kyai Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Taksonomi merupakan klasifikasi tujuan-tujuan pembelajaran yang digolongkan pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik yang dikembangkan oleh kelompok pakar pendidikan. Beberapa model taksonomi di antaranya adalah taksonomi Bloom dan taksonomi SOLO. Ranah kognitif dalam taksonomi Bloom adalah pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Sedangkan taksonomi SOLO adalah model taksonomi yang digunakan untuk mengukur kualitas respon siswa. Terkait dengan hal tersebut, matematika merupakan pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan pola pikir kognitif. Hubungan antara matematika, taksonomi Bloom, dan taksonomi SOLO akan membentuk suatu masalah matematika berdasarkan taksonomi Bloom, sedangkan untuk mengukur kualitas respon terhadap masalah matematika tersebut sangat efektif dengan menggunakan taksonomi SOLO. Menentukan tingkat respon siswa merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh siswa mampu memahami pembelajaran matematika yang telah berlangsung. Sedangkan evaluasi merupakan ranah tertinggi dalam ranah kognitif taksonomi Bloom. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan tingkat respon siswa berdasarkan taksonomi SOLO terhadap masalah matematika evaluasi. Penelitian ini bersifat kualitatif yang dilaksanakan di kelas VII A SMP Kyai Hasyim Surabaya. Peneliti mengambil 6 siswa sebagai subjek penelitian yang digolongkan pada 3 kelompok berdasarkan daftar nilai matematika kelas, yaitu : kelompok atas, kelompok tengah, dan kelompok bawah. Metode pegumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari analisis data tersebut yaitu mengklasifikasikan respon masing-masing subjek berdasarkan pada klasifikasi level respon taksonomi SOLO yaitu: prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Setelah data hasil penelitian dianalisis, diketahui bahwa subjek kelompok atas tergolong level relasional, subjek kelompok tengah tergolong level multistruktural, dan subjek kelompok bawah tergolong level unistruktural.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lathif, Aminul--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Respon; Evaluasi; Persegi; Taksonomi SOLO
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 27 Mar 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10245

Actions (login required)

View Item View Item