PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN PERMAINAN UNTUK MELATIH BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP YPM 2 PANJUNAN-SUKODONO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ana, Umi Muti (2012) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN PERMAINAN UNTUK MELATIH BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP YPM 2 PANJUNAN-SUKODONO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, permasalahan kehidupan yang dihadapi manusia juga semakin kompleks, sehingga menuntut seseorang untuk berpikir kreatif. Mengingat pentingnya berpikir kreatif tersebut, maka perlu disusun suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa. Salah satu model pembelajaran matematika yang memberi ruang untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif adalah pembelajaran berbasis masalah dengan permainan. Dalam pembelajaran berbasis masalah, kreativitas siswa dapat dilatih dalam pemecahan dan pengajuan masalah dan permainan digunakan sebagai alat untuk menumbuhkan minat siswa sehingga pembelajaran tersebut menjadi menyenangkan. Berdasarkan pemikiran tersebut maka perlu diterapkan pembelajaran berbasis masalah dengan permainan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan dan pengajuan masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah dikembangkannya perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan permainan untuk melatih berpikir kreatif dalam pemecahan dan pengajuan masalah.
Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan permainan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan dan pengajuan masalah menggunakan langkah-langkah menurut Thiagarajan, dan Semmel yang terdiri dari empat tahap. yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Pembelajaran yang dikembangkan meliputi perangkat pembelajaran, diantaranya RPP, buku siswa, dan LKS. Uji coba dilakukan pada 34 siswa kelas VIII A2 SMP YPM 2 Panjunan Sukodono.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ana, Umi MutiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis Masasalah; Permainan; Berpikir Kreatif; Pemecahan Masalah; Pengajuan Masalah; Kubus dan Balok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 18 Dec 2014 12:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item