Hadis pengobatan dengan al kayy: studi Mukhtalif al Hadits

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslihah, Muslihah (2012) Hadis pengobatan dengan al kayy: studi Mukhtalif al Hadits. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muslihah_E03208031.pdf

Download (819kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil Penelitian kepustakaan untuk menjawab permasalahan mengenai bagaimana kualitas Hadis tentang pengobatan dengan al- Kayy antara Hadis yang melarang dan membolehkan dan bagaimana penyelesaiannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian literer (library research). Jadi, pengumpulan data diperoleh dengan meneliti kitab yang berhubungan dengan al-Kayy seperti kitab Shahih Muslim, Sunan Ibnu Majah, Sunan Tirmidzi dan lain sebagainya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode Takhrij dan I’tibar. Takhrij yaitu langkah awal untuk mengetahui kualitas suatu hadis. Dan I’tibar adalah menyertakan sanad-sanad lain untuk suatu hadis tertentu, yang hadis itu pada sanadnya tampak hanya terdapat seorang periwayat saja. Hasil penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa kualitas hadis tentang pengobatan dengan al-Kayy itu tergolong shahih dari segi sanad dan tidak bertentangan dengan Al Quran, Hadis yang lebih kuat dan nalar. Sehingga Hadis itu merupakan Hadis yang valid, bisa diamalkan, dan termasuk kategori “maqbul ma’mulun bih” yang dapat dijadikan hujjah dan dapat diamalkan. Adapun pemaknaan Hadis tentang pengobatan dengan al-Kayy ini ada 4 hal: pertama, nabi pernah melakukannya. kedua, Nabi tidak menyukainya. Ketiga, Nabi memuji orang yang tidak melakukannya, keempat Bahwa nabi melarangnya. Adanya keempat hal tersebut, Perbuatan nabi menunjukkan bahwa al-Kayy itu dibolehkan. Bila nabi mengatakan tidak suka, bukan berarti melarangnya. Ketika nabi memuji orang yang tidak melakukannya, itu menunjukkan bahwa lebih baik dan lebih utama untuk tidak melakukannya. Kalau nabi melarang, maka itu menunjukkan hukumnya makruh, menurut pendapat yang terpilih. Atau, bahwa yang dilarang adalah al-Kayy yang tidak dibutuhkan. Karena, jika dia melakukan hal tersebut, dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslihah, MuslihahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: al Kayy, Pengobatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 02 Apr 2019 07:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10195

Actions (login required)

View Item View Item