Berbuat baik kepada orang orang lemah ; makna Hadis Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2594

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryani, Astri Eka (2012) Berbuat baik kepada orang orang lemah ; makna Hadis Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2594. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Astri Eka Suryani_E0320835.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas hadis tentang berbuat baik kepada orang orang lemah adalah hasan li ghairihi dari segi sanadnya. Sedangkan matannya berkualitas shahih karena tidak bertentangan dengan Alquran, hadis yang lebih kuat dan akal sehat. Untuk sanad hadis yang menjadi objek penelitian, diketahui bahwa semua perawinya dinilai oleh para kritikus sebagai perawi yang mempunyai integritas tsiqah, muttashil (bersambung) dan terhindar dari syuduzdz dan illat, sehingga hadisnya dapat dijadikan hujjah dan dapat diamalkan. Mengenai pemaknaan hadis diatas, dalam riwayat Abu Dawud menyebutkan berbuat baik adalah bersedekah kepada anak yatim dan fakir miskin. Disini Rasulullah memberikan nasehat kepada umat manusia untuk mencari keridlaannya melalui mereka, disebabkan doa dari mereka akan mendatangkan keberkahan. Dan hendaklah sebagai manusia agar selalu saling menyayangi dan mengasihi terhadap sesama. Hidup akan terasa indah jika semua orang dapat saling mengasihi satu sama lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryani, Astri EkaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Hadis
Uncontrolled Keywords: Abu Dawud; Berbuat Baik; Orang Lemah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 25 Feb 2019 03:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item View Item