Penggunaan Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Nahdlatul Ulama Miftahul Ulum Margasari Tegal

Arfiani, Gina Deffi (2012) Penggunaan Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Nahdlatul Ulama Miftahul Ulum Margasari Tegal. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gina Deffi Arfiani_D02208052.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kendala pengajaran bahasa arab di Indonesia adalah cenderung masih menggunakan gramatikal terjemah. Pengajaran bahasa arab dilakukan dengan penghafalan mufrodat, kemdian merangkainya menurut kaidah tata bahasa, penjelasan isi bacaan dengan menerjemahkan kata demi kata kemudian kalimat demi kalimat, hampir tidak ada latihan menggunakan bahasa arab secara lisan dan belum menggunakan alat peraga, sehingga kemahiran berbicara yang merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa arab belum sepenuhnya tercapai. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kartu kuartet untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa arab agar para siswa tertarik untuk belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana penggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab dalam pembelajaran Bahasa arab. 2. Bagaiman keberhasilan penggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab dalam pembelajaran bahasa arab. 3. Bagaimana pengaruh penggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab dalam pembelajaran bahasa arab.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian satu kelompok eksperiment yang terdiri dari pre-test (sebelum penggunaan media) dan post-test (setelah penerapan media).Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun instrument pembantu berupa observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes.Cara menghitung hasil penelitian menggunakan t-test. Hasil t-test menunjukkan bahwa hasil t hitung adalah 13,32 lebih besar dari signifikasi 2,79 = 1% yang artinya hasil t-test ini diterima. Penggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab dalam pembelajaran bahasa arab sangat efektif.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Dimyati, Muhammad Afifuddin
Uncontrolled Keywords: Kartu kuartet
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 05 Jul 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10169

Actions (login required)

View Item View Item