EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DI SMP UNGGULAN PONDOK PESANTREN AL-FALAH BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunita L., Ani (2012) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DI SMP UNGGULAN PONDOK PESANTREN AL-FALAH BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Di sekolah ini menggunakan beberapa metode pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar, misalnya; metode membaca, metode langsung, metode qowa’id, metode terjemah, metode sosiodrama, ceramah, Tanya jawab, dan lain sebagainya.
Salah satu Metode pengajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa arab adalah metode sosiodrama.
Adapun rumusan masalah yang diangkat oleh penulis adalah
1. Bagaimana penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara di SMP Unggulan Al-Falah Bojonegoro?
2. Bagaimana kemampuan berbicara murid SMP Unggulan Al-Falah Bojonegoro?
3. Bagaimana efektifitas penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara di SMP Unggulan Al-falah Bojonegoro?
Sedangkan instrumen pengumpulan datanya adalah; interview, angket, dan dekumentasi.
Setelah mengadakan penelitian dengan interview terhadap guru serta hasil angket, maka hasil yang dapat dilihat adalah: 1. Metode sosiodrama digunakan dalam pengajaran bahasa arab bahkan kadangkadang, guru menggunakan bahasa arab langsung untuk menjelaskan materi pelajaran. Dengan cara ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Dan
dari hasil angket dengan nilai 0,425 mengidentifikasikan bahwa penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam pengajaran bahasa arab adalah alat yang baik.
2. Kemampuan berbicara siswa di Pondok Pesantren ini hanya sebagian dari mereka yang bisa berbicara bahasa arab meskipun sedikit, dan terkadang guru-guru dalam mengajar pelajaran bahasa arab tidak berbicara bahasa arab.
3. Bahwa penerapan sosiodrama di SMP UNGGULAN Pondok Pesantren “Al- Falah”, memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan berbicara.
Dan setelah melakukan Penelitian untuk menganalisis data yang jelas bahwa ada efektivitas baik dalam penerapannya. Menggunakan rumus (product moment) N = 37 nilai (rt) untuk signifikansi 5% 0325 maka didapatkan ro>rt (0,425 >0,325) adalah nilai rxy 0,425 interval koefisien 0,40-0,70 ini
bahwa efektivitas dari variabel x, ke variabel y adalah sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunita L., AniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 13 Apr 2015 03:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item