Emosi dalam Novel Al-Fadhilah Karya Musthafa Luthfi Al-Manfaluthi: kajian psikologi sastra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Dewi Nur (2012) Emosi dalam Novel Al-Fadhilah Karya Musthafa Luthfi Al-Manfaluthi: kajian psikologi sastra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Nur Aini_A01208016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Emosi adalah realisasi psikologi yang muncul dalam diri manusia dalam keadaan marah, sedih, benci, cinta, sabar dan yang lainnya. Biasanya kata emosi digunakan untuk menggambarkan perasaan yang kuat akan sesuatu dan perasaan yang sangat menyenangkan atau sangat mengganggu. Misalnya ketika merasakan perasaan yang kuat dan menyenangkan saat bersama seseorang, hal ini dinamakan emosi cinta. Emosi kaitannya dengan karya sastra adalah ketika seorang pengarang ingin membuat karya sastra seperti novel, cerita atau puisi maka unsur yang terpenting adalah emosi. Karena emosi merupakan pondasi utama yang mengisi kejiwaan seseorang atau tokoh sehingga lakon dalam karya sastra tersebut menjadi hidup dan dapat menyentuh hati pembaca, seperti novel Al-Fadhlilah. Al-Fadhilah merupakan novel yang sangat bagus dan isi yang terkandung di dalamnya sangat menyentuh hati karena novel ini dihiasi dengan lika liku kondisi kejiwaan yang penuh tantangan, penderitaan, kemiskinan, kesedihan, kebencian, hinaan dan bermacam-macam emosi yang terkandung di dalamnya. Musthafa Luthfi Al-Manfaluthi adalah seorang sastrawan Mesir yang jenius dan pernah sekolah di Universitas Al-Azhar. Karena kepandaian dan kecerdasannya ia mendapat kesempatan berguru pada Muhammad Abduh. Beliau mempunyai banyak karya sastra saduran dari Perancis salah satunya novel Al-Fadhilah. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah:Apakah novel Al-Fadhilah itu? 1. Bagaimana isi kandungan novel Al-Fadhilah? 2.Ada berapa macam emosi yang terkandung di dalam novel Al-Fadhilah karya Musthafa Luthfi Al-Manfaluthi? Metode pendekatan yang digunakan peneliti dalam membahas skripsi ini adalah metode intrinsik (Emosi yang ada dalam novel Al-Fadhilah). Penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1.Al-Fadhilah merupakan novel milik seorang penyair dari Perancis bernama Bernardin de San Pierre dengan judul Paul et Virginie kemudian disadur dan diterjemahkan oleh Al-Manfaluthi ke dalam Bahasa Arab dengan judul Al-Fadhilah. Karena pengarang ingin menonjolkan kebaikan para tokoh-tokohnya, khususnya Paul dan Virginie yang mempunyai pengaruh abadi bagi bangsa Perancis. 2.Novel Al-Fadhilah adalah kisah nyata yang menceritakan kisah dua orang janda dari Eropa yang terdampar di sebuah lembah gersang di satu pulau kecil sebelah timur benua Afrika. Keduanya harus menyambung hidup dengan tangan lemah mereka untuk menghidupi diri dan sepasang anak mereka_Paul dan Virginie. Keluarga pertama terdiri dari ibu Margareth dan anaknya Paul, sedangkan ayahnya sejak Paul dalam kandungan pergi dengan wanita lain. Keluarga kedua terdiri dari ibu Helena dan anaknya Virginie, sedangkan ayahnya sudah meninggal karena sakit. Adapun macam-macam emosi yang terkandung dalam novel Al-Fadhilah yaitu: Emosi perorangan: bahagia, pujian, harapan, cinta dan ketekunan. Emosi kekhawatiran: ketakutan, hinaan, kesedihan, mengherankan, penganiayaan, kebenciaan, putus asa dan marah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Dewi NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Psikologi
Uncontrolled Keywords: Emosi; Novel al Fadlilah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 09 May 2019 02:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item View Item