IMPLEMENTASI MODEL KADERISASI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA DALAM MEMBENTUK INSAN ULUL ALBAB DI IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, M. Solichul (2012) IMPLEMENTASI MODEL KADERISASI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA DALAM MEMBENTUK INSAN ULUL ALBAB DI IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Secara umum, pemaknaan organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan bersama. Tujuan bersama tersebut yang kemudian memotivasi setiap pelaku organisasi untuk mencapainya. Dalam perkembangannya, setiap organisasi butuh akan adanya proses kaderisasi. Hal ini disebabkan, setiap organisasi butuh akan adanya regenerasi. Dengan demikian, proses kaderisasi wajib hukumnya dilaksanakan oleh setiap organisasi. Begitu pula dengan yang dilaksanakan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di lingkungan IAIN Sunan Ampel Surabaya. PMII di IAIN Sunan Ampel Surabaya telah melaksanakan proses kaderisasi dalam upaya untuk regenerasi keberlanjutan organisasi tersebut. Selain hal itu, tujuan organisasi PMII adalah membentuk insan ulul albab. Proses kaderisasi PMII di IAIN Sunan Ampel Surabaya memiliki tiga model kaderisasi. Pertama, kaderisasi formal. Dimana didalamnya ada Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA), Pelatihan Kader Dasar (PKD). Kedua, kaderisasi informal, adalah bentuk kaderisasi yang dititik beratkan untuk melibatkan kader dalam setiap aktifitas organisasi. Ketiga, kaderisasi non formal, berupa pelatihan- pelatihan dan atau sekolah- sekolah. Dengan melalui ketiga proses kaderisasi tersebut, PMII di IAIN Sunan Ampel Surabaya dapat mencapai sebuah tujuan organisasi yaitu menjadikan kader sebagai insan ulul albab melalui tiga tahap. Pertama, dengan materi kaderisasi. Dalam konteks ini, kader ditempa diranah kognitifnya. Dengan berbagai macam bekal wacana dan pengetahuan yang diberikan, diharapkan kader menjadi kaya akan wawasan. Kedua, dengan proses kaderisasinya. Dalam fase ini, proses penempaan ranah afektif sangat tampak. Dengan dalih proses seleksi alam, kader benar- benar memiliki mental yang tangguh dalam menjalankan proses kehidupan. Ketiga, program kerja kepengurusan. Dalam fase ini, proses penempaan ranah psikomotorik sangat berjalan dengan baik. Dimana kader diolah menjadi seseorang yang profesional dalam bekerja dan bertindak dalam kehidupan sehari- hari. Dengan ketiga proses kaderisasi tersebut, tujuan organisasi berupa pembentukan insan ulul albab dapat dilaksanakan. Di ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik kader benar- benar diperhatikan dan digarap secara serius. Kerangka konsep insan ulul albab yang terbagi menjadi 16 sikap yang ada di dalam al- qur’an sudah dapat dilihat dari indikator keberhasilan melalui proses kaderisasi tersebut. Dan ini dapat dijadikan contoh bagi organisasi- organisasi secara umum, agar dalam proses pemenuhan tujuan bersama, harus dilalui dengan berbagai macam tahap yang sistematis, konperhensif, dan masif. Dengan demikian, setiap organisasi akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Husniyatus Salamah Z.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, M. SolichulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Kaderisasi; Insan Ulul Albab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2012
Last Modified: 14 Apr 2015 01:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item