Peningkatkan hasil belajar IPS tentang keragaman suku bangsa dan budaya melalui model team group tournament bagi siswa kelas V MI Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Yuli (2012) Peningkatkan hasil belajar IPS tentang keragaman suku bangsa dan budaya melalui model team group tournament bagi siswa kelas V MI Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Bagaimana pola implementasi pendekatan cooperative learning model team group tournament yang efektif dalam pembelajaran IPS keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia bagi siswa kelas V MI Darul Ulum Kecamatan Waru Kota Sidoarjo Tahun Pelajaran 2011/2012? (2)Apakah pembelajaran model Team Group Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada kompetensi dasar keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia pada siswa kelas V MI Darul Ulum Medaeng tahun ajaran 2011/2012? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Darul Ulum Medaeng tahun 2011/2012 sebanyak 34 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek/obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana mestinya.Penelitian ini melalui penerapan pembelajaran Cooperative Learning model Team Group Tournament (TGT), dengan memperhatikan: Perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP siklus 1 dan RPP siklus II. Media pembelajaran yang digunakan dalam bentuk gambar dan peta yang telah didesain terlebih dahulu sebelum proses pembelajaran. Guru sudah menggunakan permainan dalam bentuk Tanya jawab (kuis), yang di kompetisikan antar kelompok di meja turnamen yang terdiri dari pembaca, penantang I, penantang II, dsb. Evaluasi yang digunakan dalam bentuk pre test, post test siklus I dan post test siklus II. Penerapan model team group tournament pada kompetensi dasar keragaman suku bangsa dan budaya bagi siswa kelas V MI Darul Ulum Medaeng tahun pelajaran 2011/2012, pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 16,88, yaitu dari rata-rata tes kondisi awal 61,75 menjadi 78,63. Sedangkan ketuntasan belajar siswa meningkatan sebesar 22, dari kondisi awal yang sudah tuntas hanya 12 siswa menjadi 34 siswa. Dengan demikian seluruh siswa kelas V MI Darul Ulum Medaeng mengalami peningkatan hasil belajar pada kompetensi dasar keragaman suku bangsa dan budaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, YuliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Team Group Tournament; Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2012
Last Modified: 29 Jan 2018 04:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item View Item