Peningkatan Motivasi Belajar Muhadatsah Bahasa Arab Kelas III a Melalui Metode Active Learning di MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Ninik (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Muhadatsah Bahasa Arab Kelas III a Melalui Metode Active Learning di MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninik Fauziyah_D07208026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ketepatan metode atau strategi pembelajaran pada saat proses belajar mengajar sangat diperlukan, dikarenakan dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar. Selain hal tersebut, keberhasilan dalam proses belajar mengajar juga ditentukan oleh motivasi dan upaya memotivasi siswa untuk belajar. Terutama pada mata pelajaran Bahasa Arab dalam muhadatsah, motivasi belajar siswa pada saat muhadatsah Bahasa Arab tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kekeliruan kita dalam mengajarkan yang cenderung bersifat searah, dalam arti guru merupakan pusat aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas, segala sesuatu bersumber pada guru karena dianggap yang paling tahu segala sesuatu yang harus diketahui peserta didik. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakan metode Active Learning, melalui penelitian tidakan kelas diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar muhadatsah Bahasa Arab di MI KHOIRUL HUDA Sedati Sidoarjo.Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Active Learning dalam muhadatsah Bahasa Arab kelas IIIA di MI KHOIRUL HUDA Sedati Sidoarjo, (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar muhadatsah Bahasa Arab kelas IIIA setelah menggunakan metode Active Learning di MI KHOIRUL HUDA Sedati Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Active Learning dalam muhadatsah Bahasa Arab kelas IIIA di MI KHOIRUL HUDA Sedati Sidoarjo (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar muhadatsah Bahasa Arab kelas IIIA setelah menggunakan metode Active Learning di MI KHOIRUL HUDA Sedati Sidoarjo.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 60,14%, hal tersebut tergolong dalam kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II mencapai 82,2% tergolong dalam kategori baik. Dalam penerapan metode Active Learning dalam proses belajar mengajar siklus I masih tergolong cukup baik dengan perolehan 64,3%, sedangkan pada siklus II sudah mencapai perolehan 87% dan tergolong baik. Dari perolehan tersebut diketahui bahwa motivasi belajar siswa dan penerapan metode Active Learning dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui penerapan metode Active Learning dapat meningkatkan motivasi belajar muhadatsah Bahasa Arab siswa kelas IIIA di MI KHOIRUL HUDA Sedati Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada hasil angket atau respons siswa yang diberikan pada saat siklus I dan siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, NinikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Muhadatsah Bahasa Arab; Active Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2012
Last Modified: 16 May 2019 01:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10102

Actions (login required)

View Item View Item