Analisis hukum Islam terhadap jual beli handphone (HP) servis yang tidak diambil oleh pemiliknya di counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masito, Farikhatul (2012) Analisis hukum Islam terhadap jual beli handphone (HP) servis yang tidak diambil oleh pemiliknya di counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan di counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo yang berjudul “Analisis Hukum Islam terhadap Jual Beli Handphone (HP) Servis yang tidak diambil oleh pemiliknya di Counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo.” Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari: Bagaimana praktek jual beli handphone (HP) servis yang tidak diambil oleh pemiliknya di counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo, bagaimana analisis hukum Islam terhadap jual beli handphone (HP) servis yang tidak diambil oleh pemiliknya di counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo. Data penelitian dihimpun melalui wawancara dan telaah pustaka. Selanjutnya, dianalisis dengan metode deskriptif verifikatif dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktek jual beli handphone servis yang tidak diambil oleh pemiliknya di counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo sama dengan praktek jual beli pada umumnya, yang membedakan adalah handphone yang diperjual belikan bukan milik penjual (counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo) melainkan milik konsumen yang memperbaiki handphonenya di counter tersebut. Seseorang yang menserviskan handphonenya di counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo, setelah handphonenya selesai diperbaiki pemilik handphone mendapat pemberitahuan bahwa handphonenya sudah bisa diambil, akan tetapi jika pemilik handphone tidak mengambil handphonenya dalam waktu yang cukup lama karena beberapa alasan, maka pihak counter menjual handphone tersebut. Pihak counter merasa berhak menjual handphone itu karena telah meluangkan waktu dan mengeluarkan biaya untuk memperbaiki handphone. Analisis hukum Islam terhadap jual beli handphone servis yang tidak diambil oleh pemiliknya di counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell Sidoarjo hukumnya tidak sah, karena tidak memenuhi salah satu syarat jual beli dalam hukum Islam. Sebab diantara syarat sahnya jual beli adalah barang yang menjadi obyek jual beli adalah barang milik dari orang yang melakukan akad, maka jual beli tersebut tidak sah atau jual beli yang ba>t}il. Handphone servis yang menjadi obyek jual beli dalam transaksi ini tidak bisa disamakan dengan luqat}ah karena orang yang menemukan suatu benda berkewajiban mengumumkan kepada masyarakat dengan berbagai cara selama satu tahun, sedangkan pada prakteknya pihak counter Kaafi Cell dan Anugrah Cell hanya memberikan waktu kurang dari satu tahun kepada pemilik handphone untuk mengambil handphonenya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka penjual hendaknya menjual barang yang tidak bertentangan dengan hukum Agama dan hukum Negara. Hendaknya pula, pembeli lebih cermat dalam memilih counter dan memeriksa terlebih dahulu barang yang akan dibeli dengan teliti. Bagi penjual dan pembeli hendaknya di awal transaksi membuat perjanjian yang jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan supaya tidak terjadi perselisihan di kemudian hari dan tidak ada pihak yang dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masito, FarikhatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Jual beli Handphone; Service Handphone
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2012
Last Modified: 01 Aug 2018 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10068

Actions (login required)

View Item View Item